Sukses

Mereka yang Tak Tertarik Jadi Menteri Jokowi

Beberapa nama berpeluang duduk menjadi menteri Jokowi, termasuk yang berasal dari kalangan pengusaha. Siapa sajakah mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mulai menyeleksi calon menteri. Sejumlah nama dikabarkan sudah di kantongi Jokowi. Beberapa nama berpeluang duduk di kursi menteri, termasuk yang berasal dari kalangan pengusaha.

Akan tetapi ada sebagian pengusaha tak tertarik dengan jabatan strategis tersebut. Padahal di antara pengusaha berikut ini sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Siapa sajakah mereka?

Berikut para pengusaha yang tak tertarik jadi menteri Jokowi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Erick Thohir

Sebagai Ketua tim sukses Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir berpeluang menjadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. Namanya santer disebut masuk alam jajaran anak muda yang masuk bursa menteri Jokowi selanjutnya.

Akan tetapi, Erick Thohir kurang berminat jika ada tawaran menteri kepadanya. Dia lebih memilih kembali ke profesi asalnya, pengusaha.

"Spent waktu dengan keluarga dan dunia usaha saya rasa pekerjaan yang sangat terhormat juga. Tidak semua harus jadi public service. Namun saat ini masing-masing punya pemikiran atau jalur sendiri," katanya di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Juli 2019.

3 dari 4 halaman

2. Sandiaga Uno

Nama Sandiaga Uno juga santer dibicarakan bakal masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi jilid II.

Meski begitu, Pemilik PT Saratoga Investama ini mengaku tak berminat duduk di kursi pemerintahan.

"Kalau saya mencari kekuasaan, kembali lagi saja menjadi wakil gubernur," katanya beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

3. Wishnutama

Wishnutama dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Dia orang kreatif yang mengatur saat Jokowi naik motor di Pembukaan ASIAN Games 2018.

Sejak saat itu, Wishnutama menjadi orang yang turut menyukseskan acara-acara Jokowi di TV, seperti Visi Indonesia.

Pada Jumat, 26 Juli lalu, Wishnutama juga hadir dalam acara pembubaran Tim Koalisi Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf. Bahkan dia satu mobil dengan Jokowi.

Akan tetapi kedekatan Wisnutama dengan Jokowi tak membuatnya berambisi masuk jajaran kabinet. Dia malah mengaku tak punya bakat di pemerintahan.

"Enggak ada (isyarat jadi Menteri atau Ketua Lembaga). Saya enggak punya cita-cita jadi menteri. Passion saya mas tahu, kira-kira apa? Enggak usah saya jelasin. Seperti show," kata Wishnutama.

 

Reporter: Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.