PAN: Kami Tidak Pernah Minta-Minta Jabatan ke Jokowi

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2019, 14:44 WIB
Diperbarui 30 Jul 2019, 17:14 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membantah pihaknya  melobi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf untuk masuk dalam koalisi barisan partai pendukung pemerintah.

Zulkifli menegaskan, PAN tidak pernah memberikan syarat apapun kepada koalisi pemerintah. Serta, PAN tak pernah meminta jatah.

"Kita tidak ada syarat-syarat, tidak ada minta-minta, tidak ada. Dan PAN tidak pernah minta-minta," ujar Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Meski begitu, Zulkifli mengatakan kerja sama politik tidak dapat dipungkiri. Karena Indonesia menganut sistem multi partai. 

"Kita yang baik baik ikut saja. Ya kita dukung, kita doakan supaya sukses," ucap Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.  

Apalagi, PAN hanya posisi 8 di parlemen. Namun, Zulkifli bicara kerjasama tidak hanya di tingkat nasional. Dia mencontohkan kerjasama partai untuk mencalonkan kepala daerah menjelang Pilkada 2020.

"Tidak mungkin parpol sendiri. Karena kita ini multi partai. Tidak mungkin tidak ada kerja sama. Siapa yang bisa sendiri, tidak bisa. Mesti kerja sama. Tidak di pusat, bisa di provinsi, tidak di provinsi bisa di kabupaten. Tidak di Jawa, di tempat lain," kata Zulkifli.

2 of 3

Tunggu Sikap Prabowo

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengaku, partainya masih menunggu langkah politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai bertemu dengan Presiden terpilih Jokowi.

Menurut Saleh, langkah politik Partai Gerindra patut ditunggu apakah akan tetap memilih jadi oposisi atau berada di dalam pemerintahan.

"Pada titik itulah, kepentingan masyarakat dapat disalurkan," kata Saleh seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/7/2019).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu berharap, Prabowo dan Gerindra tetap mengambil peran di luar pemerintahan.

"Terkait ini kan belum ada keterangan. Makanya, tunggu saja apa selanjutnya yang akan terjadi," ucap Saleh.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓