Sukses

Jokowi Persilakan Gibran Terjun di Bursa Calon Wali Kota Solo

Gribran dan adiknya, Kaesang Pangarep masuk dalam bursa calon Wali Kota Solo periode 2020-2025 versi survei Unisri.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersilakan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka mengikuti Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo. Hal itu menyusul munculnya nama dua putra Jokowi dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025.

"Silakan, saya demokratis, yang penting di setiap jabatan atau karier apa pun harus tanggung jawab," kata Jokowi saat makan bersama keluarganya di Warung Makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Dilansir Antara, Jokowi yang didamping istrinya, Iriana, Gibran Rakabuming Raka, menantunya Selvi Ananda, dan cucunya Jan Ethes menyerahkan sepenuhnya putra sulungnya itu terkait dengan hasil survei bursa calon wali kota.

Sebagai orang tua, Jokowi mempersilakan anak-anaknya mengambil keputusan, termasuk ketika memilih berjualan martabak. Juga keputusan anak bungsunya, Kaesang Pangarep yang memutuskan berjualan pisang.

"Saya paksa untuk mengelola atau memegang pabrik, mereka juga tidak mau. Dipaksa-paksa kalau tidak mau gimana?" kata Jokowi.

Bagi Jokowi, hal yang terpenting dilakukan anak-anaknya adalah hidup mandiri dan bertanggung jawab. "Kemandirian dan tanggung jawab itu saja, kalau saya."

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, saat ini memang anak-anak muda yang memegang peran karena dunia yang berubah sangat cepat.

"Hal ini yang merespons dengan cepat adalah anak muda. Hal ini semua negara sama lagi tren, termasuk Indonesia seperti itu," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Unisri

Sebelumnya, putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo, pada Pilkada 2020 mendatang.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, kakak beradik tersebut masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

"Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis (26/7/2019).

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 di antaranya 766 responden mengenai Gibran. 

Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.