Sukses

Jalan Rusak di Daerah Penghasil Kopi Terbesar Bogor

Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor menjadi salah satu penghasil komoditas kopi robusta dan arabika dengan rasa terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor menjadi salah satu penghasil komoditas kopi robusta dan arabika dengan rasa terbaik.

Kopi yang berasal dari pelosok desa Kabupaten Bogor ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kopi. Bahkan, kopi yang sudah memiliki brand Kopi Bogor dan Sukawangi ini sudah dikenal dan disukai oleh penikmat kopi dari mancanegara.

Biji kopi yang dihasilkan di daerah ini memiliki tingkat kekentalan yang ringan, keasaman yang seimbang, dan aroma harum yang khas.

Uniknya, kopi arabika asal daerah itu memiliki 9 cita rasa, diantaranya rasa strawberry, gula aren, jeruk nipis, pisang, nangka dan lainnya. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian dari barista kopi asal Jerman belum lama ini.

Kopi asal Sukawangi juga dijadikan bahan utama kopi instan atau sachet merek terkenal oleh parah pengusaha di Indonesia. Tak sedikit pula pemilik coffe shop menggunakan kopi Sukawangi.

Selain kopi, daerah yang dikelilingi perbukitan ini juga memiliki potensi komoditas pangan lainnya maupun wisata alam yang tak kalah indahnya dengan daerah lain.

Namun, potensi besar itu tidak didukung dengan infrastruktur jalan yang memadai. Akses menuju Desa Sukawangi rusak parah sehingga menghambat mobilitas masyarakat khususnya petani kopi.

Tak hanya itu, kerusakan jalan juga membuat wisatawan yang berniat berburu kopi khas Bogor sambil menikmati keindahan alam, berpikir dua kali berkunjung lagi ke desa yang berbatasan dengan Cianjur itu.

Kepala Desa Sukawangi, Hendro Hermawanto menyebutkan, sepanjang 9,5 kilometer ruas jalan utama di daerah Desa Sukawangi rusak parah. Ruas jalan tersebut merupakan akses utama warga setempat sekaligus menjadi jalur alternatif yang menghubungkan beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

"Kalau hujan jalan itu sulit dilalui kendaraan khususnya sepeda motor. Apalagi ketemu tanjakan, pasti bannya muter," kata Kepala Desa Sukawangi, Hendro Hermawanto, Sabtu (27/7/2019).

Hendro menerangkan, mayoritas penduduk Desa Sukawangi menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam. Mulai padi, cengkeh, hingga kopi menjadi andalan warga sejak turun temurun.

"Paling dominan memang sebagai petani kopi, ada 40 persen. Dan kopi asal desa kami sudah terkenal kemana-kemana karena rasanya yang khas," kata dia.

Walaupun demikian, mimpi pemerintah desa untuk mengembangkan Desa Sukawangi sebagai sentra kopi terseok-seok lantaran tidak ditunjang dengan infrastruktur jalan.

Akibatnya, para petani kopi lebih banyak menjualnya ke tengkulak dengan harga jauh lebih murah. Padahal, tak sedikit yang menyebut bahwa cita rasa kopi Sukawangi berada di atas kopi Gayo. Bahkan, setiap perlombaan kopi, Sukawangi selalu mendapat penilaian terbaik dari segi rasa.

"Makanya harapan kami jalan ini segera diperbaiki. Karena kedepan kami punya rencana, misal membeli kopi dari para petani melalui dana BUMDes, lalu dikemas dengan melibatkan warga setempat. Tujuannya supaya petani sejahtera," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kedai Kopi

Langkah selanjutnya, membangun gerai maupun kedai kopi di beberapa titik lokasi yang dianggap sangat cocok dan nyaman bagi wisatawan. Di tempat itu, para wisatawan bisa menikmati kopi sambil memandang perbukitan.

"Gerai dan kedai kopi ini untuk mengenalkan produk kopi daerah kami biar lebih dikenal oleh para wisatawan," kata dia.

Begitu pula pengembangan pariwisata. Menurutnya, wilayahnya telah menjadi desa binaan Kementerian Pariwisata belum lama ini. Potensi wisata alam yang dimiliki desa tersebut adalah Curug Arca, Curug Cibeet, pemandian air panas.

"Tapi kembali lagi, kalau jalan bagus potensi yang kita miliki pasti akan berjalan dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Kasi Ekonomi Pembangunan Desa Sukawangi, Ujang Saefullah mengatakan, kerusakan jalan menyebabkan biaya transportasi jauh lebih mahal. Karena ketidakketersediaan angkutan umum, warga terpaksa harus naik ojek dengan tarif Rp 60 ribu untuk menuju Pasar GSP Cianjur.

"Warga kami memang lebih memilih ke pasar di wilayah Cianjur karena jaraknya lebih dekat di banding ke Kantor Kecamatan Sukmakmur," ujar Ujang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini