Sukses

PDIP: Gibran dan Kaesang Belum Tentu Tertarik Maju Cawalkot Solo

Dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep muncul dalam bursa calon wali kota Solo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep muncul dalam bursa calon wali kota Solo 2020.

Terkait hal ini, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyatakan, PDIP tak ingin asal mendukung keduanya.

"Tunggu saat yang tepat. Sekarang orang masih melemparkan nama-nama sesuka selera," kata Hendrawan Supratikno kepada merdeka.com, Sabtu (28/7/2019).

Menurutnya, nama nama yang beredar belum tentu tertarik maju dalam bursa Pilwakot Solo 2020.

"Nama-nama yang muncul juga belum tertarik atau berminat. Hati-hati dalam berspekulasi," imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Gibran dan Kaesang masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

"Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis 26 Juli 2019.

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 diantaranya 766 responden mengenai Gibran. Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

Selain 4 nama tersebut, beberapa nama lainnya juga muncul. Diantaranya Ketua Kadin Gareng S Haryanto, pengasuh Ponpes Al Quraniy Azzayadiy KH Abdul Karim (Gus Karim), Mantan Rektor UNS Ravik Karsidi, pengusaha Slamet Rahardjo, Ketua Tim Pemenangan Daerah Jokowi-Maruf Her Suprabu dan Akuntan Publik Rachmad Wahyudi.

Reporter: M Genantan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.