Sukses

Top 3 News: Gempa Pangandaran Magnitudo 4,9 Berjenis Lindu Dangkal

Top 3 News, gempa Pangandaran berada di kedalaman 12 kilometer. Pusat lindu berada pada jarak 78 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, saat gempa mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, matahari belum tinggi. Waktu baru menunjukkan pukul 10.44 WIB saat gempa magnitudo 4,9 terjadi, Sabtu (27/7/2019).

Belum ada laporan terkait kerusakan bangunan sebagai dampak gempa. Namun, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lindu berjenis gempa bumi dangkal dengan kedalaman mencapai 12 kilometer.

Gempa lainnya juga terjadi di tiga wilayah Indonesia hari ini, yaitu Majenang, Ciamis, dan Cilacap. Pusat gempa terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif.

Sementara itu, pendiri NET Televisi Wishnutama, membantah kehadirannya dan satu mobil bersama Jokowi sebagai isyarat akan terpilih menjadi menteri.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 27 Juli 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Pangandaran pada pukul 10.44 WIB, Sabtu (27/7/2019).

Gempa tersebut berada di kedalaman 12 kilometer. Pusat lindu berada pada jarak 78 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi, merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup ke bawah lempeng Eurasia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Majenang, Ciamis, dan Cilacap Diguncang Gempa Tektonik, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Tiga wilayah yaitu Kabupaten Majenang, Ciamis, dan Cilacap diguncang gempa tektonik pada Sabtu, (27/7/2019) dini hari pukul 00.34 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki magnitudo 3,2 dengan episenter terletak pada koordinat 7,37 Lintang Selatan, 108,66 Bujur Timur.

Tepatnya berada di darat pada jarak 13 km arah barat daya Kota Majenang dengan kedalaman 13 kilometer. Episenter gempa ini terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Wishnutama Semobil dengan Jokowi: Enggak Ada Cita-Cita Jadi Menteri

Pendiri NET Televisi Wishnutama Kusubandio dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, semobil dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, saat hadir pembubaran TKN.

Wishnutama membantah kehadirannya dan satu mobil bersama Jokowi sebagai isyarat akan terpilih menjadi menteri.

Lalu apakah dia bersedia menjadi menteri bila diminta Presiden Jokowi?

"Karena saya enggak ada cita-cita, jadi saya enggak perlu berandai-andai. Kalau berandai-andai, ya tahulah," ungkap Wishnutama.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.