Sukses

Doakan Kesembuhan Buya Syafii, Jokowi: Bangsa Ini Butuh Keteladanannya

Presiden Jokowi mengaku senang mendengar kondisi kesehatan Buya Syafii saat ini berangsur pulih.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengutus Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Koodinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki untuk menjenguk mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif, yang tengah dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jokowi pun memgirimkan tim dokter kepresidenan untuk memantau kondisi Buya Syafii.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku senang mendengar kondisi kesehatan Buya Syafii saat ini berangsur pulih. Jokowi berharap anggota Dewan Pengarah  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu dapat segera beraktivitas kembali.

"Syukur Alhamdulillah, tadi Pak Pratikno menyampaikan keadaan Buya semakin membaik. Beliau masih dirawat tapi sudah berangsur pulih. Mudah-mudahan segera dapat berkegiatan seperti hari-hari biasa," tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, @jokowi, Sabtu (27/7/2019).

"Bangsa ini senantiasa membutuhkan keteladanan dan pencerahan Buya Ahmad Syafii Maarif," sambungnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Khawatir

Sebelumnya, Pratikno mengungkapkan bahwa Jokowi sangat khawatir saat mendengar Buya Syafii tengah terbaring di rumah sakit. Buya Syafii mengaku kini kondisinya sudah mulai membaik.

"Sudah agak normal, kemarin kan sakit di sini. Tapi kata dokter PKU, saya termasuk yang tahan sakit," kata Buya Syafii, seperti dikutip Liputan6.com dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Mahmudin, Sabtu (27/7/2019).

Buya Syafii dirawat di RS PKU Muhammadiyah, Sleman, sejak Selasa 23 Juli 2019. Buya Syafii telah menjalani tindakan spesifik non operasi di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito Yogyakarta, Jumat 26 Juli 2019 malam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis sementara, Buya Syafii Maarif diduga mengalami gangguan di saluran kencing. Dalam keterangan tertulisnya, Buya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendoakan kesehatannya.

Menurut Buya, dia sudah menjalani penembakan tiga batu ginjal bagian kanan sebanyak 3.596 kali menggunakan laser pada Jumat 26 Juli kemarin. Saat ini Buya tengah menjalani tahap pemulihan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.