Ma'ruf Amin: Sepanjang Sejarah Belum Pernah Ketua MUI Jadi Wapres

Oleh Liputan6.com pada 27 Jul 2019, 15:56 WIB
Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Rapat Rutin MUI

Liputan6.com, Jakarta - Wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Ma'ruf Amin berseloroh kandidat wakil presiden berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal itu disampaikan Ma'ruf saat menyampaikan kata sambutan dalam acara milad ke-44 MUI di Grand Sahid Jakarta.

Sebagai Ketua MUI, ia mengaku bersyukur digandeng Joko Widodo menjadi calon wakil presiden. Sebab, menurutnya peristiwa itu sebagai rekor baru bahwa calon kandidat pemimpin negara berasal dari lingkup ulama seperti MUI.

"Kita bersyukur bahwa Pak Jokowi sebagai calon presiden mengajak saya sebagai Ketua Umum MUI, sebagai calon wakil presiden. Ini harus disyukuri MUI," ujar Ma'ruf, Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Terpilih sebagai wapres, Ma'ruf Amin berseloroh agar membudayakan di pemilihan presiden dan wakil presiden selanjutanya melibatkan para tokoh MUI.

"Sepanjang sejarah belum pernah Ketua MUI jadi wapres, kita berharap mudah-mudahan ini jadi kebiasaan," tukasnya disambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

2 of 3

Peran MUI

Dalam kesempatan itu Ma'ruf mengingatkan peran MUI dalam bermasyarakat dan bernegara yakni menjaga persatuan serta menempatkan diri sebagai pelayan umat dan mitra pemerintah. Hal itu sesuai dengan tema milad tahun ini yang mengusung "Meningkatkan Perkhidmatan dan Kemitraan MUI dalam Rangka Penguatan Ukhuwah Islamiyah dan Persatuan Bangsa" .

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB itu juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Anggota DPD terpilih sekaligus cendikiawan muslim Jimmly Asshiddiqie, para pengurus MUI pusat dan daerah, serta para duta negara sahabat.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait