Sukses

Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, Jokowi: Saya Senang Saja

Sebagai seorang ayah, Jokowi mengaku hanya bisa mendukung jika sang anak memutuskan ingin terjun ke dunia politik dengan menjadi calon Wali Kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Nama putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka muncul dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025. Bahkan, tingkat popularitas nama pemilik katering Chilli Pari itu bersaing ketat dengan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

Sang ayah, Jokowi, mengaku senang mendengar kabar itu. Namun demikian, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada sang anak, apakah akan terjun ke dunia politik, atau tetap bertahan di dunia usaha.

"Saya senang saja. Saya sudah baca beritanya. Saya enggak pernah melarang, mau jualan pisang , mau jualan martabak, silahkan saja,” ujar Jokowi di Resto Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Sebagai seorang ayah, Jokowi mengaku hanya bisa mendukung jika sang anak memutuskan ingin terjun ke dunia politik dengan menjadi Calon Wali Kota Solo. 

"Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung).  Mereka ini anak-anak mandiri. Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apa pun, saya dukung," jelas dia.

Sebelumnya, putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo, pada Pilkada 2020 mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalahkan Petahana

Berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, kakak beradik tersebut masuk dalam deretan tokoh populer di Kota Bengawan.

"Survei ini kami lakukan dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang kami uji sampel dengan margin eror 4 persen," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi, Kamis (26/7/2019).

Suwardi menjelaskan, ada 3 kategori materi uji. Yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 diantaranya 766 responden mengenai Gibran. 

Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.