Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Massa Bentangkan Merah Putih Raksasa di Depan KPK

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 15:00 WIB
Demo Hari Kesaktian Pancasila
Perbesar
Aksi demo damai memperingati Hari Kesaktian Pancasila. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) bersama Srikandi Milenial menggelar aksi long march dari Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat ke depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selaran, Selasa (1/10/2019).

Sepanjang aksi jalan kaki itu, massa membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa dan berjalan dengan tertib mengikuti mobil komando yang mereka bawa.

Ratusan massa berasal dari wanita muda yang tergabung dalam Srikandi Milenial. Mereka kompak mengenakan kaos berwarna putih dengan kain panjang yang dililitkan sebagai bawahannya.

Selain itu massa juga membawa sejumlah spanduk dan poster bertuliskan beragam tuntutan mereka.

Aksi long march ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Di samping itu massa juga menyerukan agar semua kelompok masyarakat sipil, pemuda dan mahasiswa yang akhir-akhir ini kerap turun ke jalan agar menyampaikan aspirasinya sesuai dengan konstitusi.

Aksi damai ini membawa tuntutan utama, yakni mendesak Presiden Joko Widodo segera melantik lima pimpinan KPK terpilih. Mereka mempertanyakan kepemimpinan Agus Rahardjo cs lantaran telah menyerahkan mandat KPK ke Presiden Jokowi.

"Agus Rahardjo Cs harus keluar dari Gedung KPK untuk digantikan dengan pimpinan yang baru," ujar koordinator aksi Zulfikar di lokasi demo.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓