Sukses

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Massa Bentangkan Merah Putih Raksasa di Depan KPK

Aksi damai ini membawa tuntutan utama, yakni mendesak Presiden Joko Widodo segera melantik lima pimpinan KPK terpilih

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) bersama Srikandi Milenial menggelar aksi long march dari Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat ke depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selaran, Selasa (1/10/2019).

Sepanjang aksi jalan kaki itu, massa membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa dan berjalan dengan tertib mengikuti mobil komando yang mereka bawa.

Ratusan massa berasal dari wanita muda yang tergabung dalam Srikandi Milenial. Mereka kompak mengenakan kaos berwarna putih dengan kain panjang yang dililitkan sebagai bawahannya.

Selain itu massa juga membawa sejumlah spanduk dan poster bertuliskan beragam tuntutan mereka.

Aksi long march ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Di samping itu massa juga menyerukan agar semua kelompok masyarakat sipil, pemuda dan mahasiswa yang akhir-akhir ini kerap turun ke jalan agar menyampaikan aspirasinya sesuai dengan konstitusi.

Aksi damai ini membawa tuntutan utama, yakni mendesak Presiden Joko Widodo segera melantik lima pimpinan KPK terpilih. Mereka mempertanyakan kepemimpinan Agus Rahardjo cs lantaran telah menyerahkan mandat KPK ke Presiden Jokowi.

"Agus Rahardjo Cs harus keluar dari Gedung KPK untuk digantikan dengan pimpinan yang baru," ujar koordinator aksi Zulfikar di lokasi demo.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.