Sukses

Jokowi Akan Bubarkan Tim Kampanye Nasional Jumat Sore Ini

TKN resmi dibubarkan lantaran tugasnya memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 telah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin akan resmi dibubarkan, Jumat (26/7/2019) sore. Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi yang akan membubarkan tim yang telah memenangkannya di Pilpres 2019.

Acara pembubaran TKN rencananya digelar di Restoran Seribu Rasa Menteng Jakarta Pusat, pukul 16.00 WIB.

"Dengan selesainya tugas ini, maka TKN KIK Insyaallah akan resmi dibubarkan Hari ini, Jumat, 26 Juli 2019. Langsung oleh capres terpilih, Pak Jokowi," kata Wakil Sekretaris TKN Verry Surya Hendrawan, Jumat (26/7/2019).

Verry mengatakan, TKN resmi dibubarkan lantaran tugasnya memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 telah selesai. Meski dibubarkan, dia memastikan partai pendukung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan konsisten mengawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Semua 10 parpol akan terus aktif dan kritis di pemerintahan maupun legislatif. Bersama bergerak demi kepentingan nasional, yaitu Indonesia maju menuju masyarakat adil dan makmur," jelasnya.

Menurut dia, dengan dibubarkannya TKN Jokowi-Ma'ruf, maka semua kader-kader parpol, anggota ormas, dan relawan akan kembali ke organisasi masing-masing. Verry yakin, anggota TKN akan kompak mengawal pemerintahan lima tahun ke depan.

"Kami memiliki napas perjuangan yang seirama. Dan selama hampir 1 tahun bersama-sama di TKN KIK, semakin menguatkan hubungan politis-profesional-individual ke-10 parpol," tandas Verry.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koalisi Tetap

Wakil Ketua TKN Johnny G Plate di Jakarta, Kamis 25 Juli 2019 menilai, wajar jika TKN dibubarkan, sebab tugasnya untuk memenangkan calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin sudah selesai.

"Tapi koalisinya tetap," ungkap Sekjen Nasdem ini.

Usai pembubaran TKN, kata Johnny, baru ada pertemuan dengan sekjen-sekjen parpol koalisi.

"Jadi ada dua acaranya. Pertemuan selesai tugas TKN jam 16.00 WIB. Kemudian, jam 19.00 WIB pertemuan para Sekjen, internal," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menjelaskan, timnya hanya bertugas membantu pemenangan pasangan tersebut pada Pilpres 2019. Saat ini, tugas timnya sudah selesai dan tidak ada hubungan dengan pembentukan kabinet selanjutnya Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Sekali lagi, TKN ini bukan tim pembentukan kabinet, namun tim pemenangan dan tugasnya sudah selesai," kata Erick di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu 17 Juli 2019. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.