Sukses

Jokowi Segera Terbitkan Amnesti untuk Baiq Nuril

Menurut Moeldoko, sejak awal kasus Baiq Nuril telah menyita perhatian pemerintah dan publik.

Liputan6.com, Jakarta DPR telah menyetujui permohonan amnesti untuk terpidana kasus pelanggaran UU ITE Baiq Nuril Maknun. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun akan segera mengeluarkan keputusan terkait pemberian amnesti kepada Baiq Nuril.

"Kami akan mengambil langkah berikutnya bagaimana menerbitkan amnesti (untuk Baiq Nuril)," ucap Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Menurut dia, sejak awal kasus Baiq Nuril telah menyita perhatian pemerintah dan publik. Jokowi sendiri memberikan perhatian khusus kepada kasus yang menimpa mantan guru honorer SMAN 7 Mataram tersebut.

Tak tinggal diam setelah PK Baiq Nuril ditolak MA, Jokowi langsung membahas pemberian amnesti dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Dalam proses pemberian amnesti, pemerintah mendengar pandangan sejumlah pihak, termasuk Baiq Nuril terkait perkara hukum yang menjeratnya.

"Itu semua kita terima sebagai bahan dan yang bersangkutan juga mengajukan ke presiden. Semua itu sebagai bahan pemerintah untuk mengendors ke DPR," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPR Sahkan

Sebelumnya, DPR resmi mengesahkan persetujuan amnesti untuk Baiq Nuril dalam sidang paripurna hari ini, Kamis (25/7/2019).Usai mendengar palu diketuk pimpinan sidang, Baiq Nuril yang berada di balkon ruang rapat paripurna langsung menangis dan bersujud syukur.

Dengan mata berlinang, dia mengatupkan dua tangannya sembari mengucapkan terima kasih. Berkali-kali dia memeluk dan mencium putranya yang ikut hadir pada paripurna hari ini.

"Terima kasih, terima kasih terima kasih," kata Baiq Nuril sembari menangis

Baiq Nuril menyampaikan terima kasihnya pada Presiden, DPR RI, Politisi Rieke Dyah Pitaloka hingga lembaga, media dan aktivis dan yang terus membela perjuangannya hingga detik ini.

"Terima kasih pada semua, saya tidak sebutkan satu persatu," katanya masih dengan air mata mengalir.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.