Minyak Pertamina Cemari Pantai Utara Karawang, Warga Keluhkaan Pusing-Pusing

Oleh Maria Flora pada 25 Jul 2019, 13:54 WIB
Diperbarui 25 Jul 2019, 14:08 WIB

Liputan6.com, Karawang - Cairan pekat berwarna hitam dan berbau menyengat mengotori pesisir pantai utara Pulau Jawa. Upaya pembersihan terus dilakukan termasuk oleh warga Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, dibantu oleh 100 aparat TNI Angkatan Darat dari Kodam Jaya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (25/7/2019), tumpahan minyak juga mencemari Pantai Pisangan Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang.

Akibat tumpahan minyak tersebut, warga sekitar pantai mulai mengeluhkan pusing-pusing dan panas pada kaki jika terkena tumpahan minyak.

Meski telah ada penanganan dari Pertamina, Bupati Karawang meminta Pertamina memberikan kompensasi atas kerugian yang diderita para nelayan.

"Pertamina harus memberikan kompensasi misalnya air bersih. Posko kesehatan harus didirikan, kami siap dari Puskesmas untuk membantu Pertamina," kata Bupati Karawang Cellica Nurachadiana.

Pertamina menyatakan akan bertanggung jawab dan menyelesaikan masalah ini dengan baik. Selain penanganan dampak lingkungan, Pertamina memprioritaskan keselamatan warga, utamanya nelayan.

Untuk upaya pertanggungjawaban ini, Pertamina akan bekerja sama dengan pihak terkait agar bisa meminimalisasi dampak dan kerugian warga akibat peristiwa ini. (Rio Audhitama Sihombing)