40 Ribu Batang Ganja dan Bibitnya Dimusnahkan

Oleh Yopi Makdori pada 25 Jul 2019, 11:57 WIB
BNN

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali musnahkan ladang ganja yang ditemukan di kawasan Aceh Selatan.

Direktur Narkotika Alami BNN, Victor J Lasut mengatakan, lokasi ladang ganja itu terdapat di sejumlah lokasi, di antaranya pegunungan Sawah Tingkem dan Seleukat, Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan.

"(Ladang) terletak pada ketinggian 388 MDPL, tim BNN membabat habis 40.000 batang ganja seluar 2 hektar tersebut," ujar Victor dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (25/7/2019).

Dalam operasi kali ini, polisi menerjunkan 102 personel terdiri dari Tim BNN Pusat, Propam Polri, Tim BNNK Aceh Selatan, Kodim 0107, Brimob Den B Aceh Selatan, serta Tim Polres Aceh Selatan. Total 15 ton tanaman ganja yang dimusnahkan.

Tak hanya ladang ganja, dalam operasi ini, tim juga menemukan sejumlah bibit tanaman ganja siap semai, satu set alat penyemprot pestisida, alat timbang, dan beberapa alat pertukangan lainnya.

Atas temuan tersebut, petugas mengimbau kepada warga sekitar agar tidak lagi menanam ganja. "Para petani ganja ini menanam ganja di atas tanah milik negara, sudah tentu harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh negara," tegas Victor.

Ia justru mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk menanam pohon pala. "Mungkin bisa kita jadikan alternative tanaman yang lebih menjanjikan agar mereka tidak lagi menanam ganja," tutup Victor.

2 of 2

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓