3 Hal Menarik Budi Gunawan yang Jadi Jembatan Komunikasi Tokoh Nasional

Oleh Liputan6.comDevira Prastiwi pada 25 Jul 2019, 21:19 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan Raker Dengan Komisi I DPR

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan nampaknya tidak bisa dinilai sembarangan. Kemampuannya mempertemukan tokoh-tokoh nasional tidak diragukan lagi.

Budi Gunawan mampu menjadi penghubung dan merealisasikan pertemuan Joko Widodo dengan Prabowo Subianto usai gelaran Pilpres 2019.

Kala itu, Jokowi dan Prabowo bertemu dan mengobrol santai sembari menaiki MRT. Stasiun MRT Lebak Bulus menjadi saksi pertemuan keduanya pada Sabtu, 13 Juli 2019.

Tak berhenti sampai disitu, Budi Gunawan pun mampu menjadi sosok di balik pertemuan Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan keduanya terjadi di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat pada Rabu, 24 Juli 2019 kemarin.

Berikut 3 hal menarik dari sosok Budi Gunawan yang belakangan menjadi jembatan komunikasi politik tokoh nasional dihimpun Liputan6.com:

 

2 of 5

1. Budi Gunawan Bagian dari Lembaga Negara

20161019-Kepala BIN Raker dengan Komisi I-Jakarta
Kepala BIN Budi Gunawan menyimak paparan saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10). Rapat membahas Penyesuaian RKA-K/L Tahun 2017 sesuai hasil pembahasan Banggar DPR RI. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Budi Gunawan mampu menjadi jembatan yang sangat penting di era kepemimpinan Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurut Hasto, kehadiran Budi Gunawan merupakan sebagai bagian dari lembaga negara yang ikut memantau jalannya Pemilu serentak 2019. Dia menilai wajar pria yang akrab disapa BG itu hadir dalam pertemuan tersebut.

"Sejak awal kan namanya seluruh badan-badan negara itu kan juga punya tanggung jawab pasca pemilu untuk membangun semua suasana kondusif agar suasana betul-betul dapat membangun sebuah rasa ketentraman tapi juga optimisme ke depan," kata Hasto di kediaman Megawati, Rabu, 24 Juli 2019.

Hasto menjelaskan, posisi BG selaku Kepala BIN adalah sebagai lembaga yang mendukung proses dialog antara satu sama lain.

"Berarti itu juga dilakukan setelah KPU tetapkan secara resmi hasil perolehan suara paslon dari situlah proses dialog itu dilakukan," ungkap Hasto.

 

3 of 5

2. Komunikator Politik Handal

Tiba di Stasiun MRT, Prabowo Disambut Pramono Anung dan Budi Gunawan
Tiba di Stasiun MRT, Prabowo Disambut Pramono Anung dan Budi Gunawan (Lizsa Egeham)

Setelah sukses mempertemukan Jokowi dan Prabowo di Stasiun MRT, Budi Gunawan pun berhasil mempertemukan Megawati dan Prabowo pada Rabu, 24 Juli 2019.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Arief Poyuono mengungkapkan peran Kepala BIN Budi Gunawan dalam pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, Budi Gunawan merupakan komunikator politik berkelas.

"Di MRT pertemuan Prabowo-Joko Widodo juga ada Mas BG sang komunikator politik berkelas yang sudah tidak diragukan kemampuannya menjembatani adanya dialog antarpemimpin nasional," ujar Arief di Jakarta.

 

4 of 5

3. Pencair Suasana

20160909-Jokowi-Lantik-Budi-Gunawan-Jadi-Kepala-Bin-Jakarta-FF
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan selamat kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, (9/9). Budi Gunawan resmi menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Budi Gunawan dapat mempersatukan elite politik yang lagi tercerai berai saat ini.

Waketum Partai Gerindra Arief Poyuono mengatakan, Budi Gunawan itu ibarat penyejuk di tengah situasi Indonesia yang panas.

"Mas BG ini benar benar oase di padang gurun pasir politik Indonesia yang mencairkan suasana," puji Arief.

Dia berharap Budi Gunawan menjadi politisi, menurut dia PDIP bisa menjadi parpol yang cocok bagi BG.

"Yang pasti PDI Perjuangan sangat membutuhkan Mas BG," tutup dia.

 

Reporter: Reynaldi Hasan

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓