4 Fakta Menyejukkan dalam Pertemuan Prabowo dan Megawati

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2019, 19:26 WIB
Megawati dan Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Silaturahmi dua negarawan belum lama ini terjadi. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Prabowo Subianto bertemu untuk pertama kalinya usai Pilpres 2019. 

Pertemuan tersebut berlangsung hangat di kediaman Mega di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019), sekitar pukul 12.00 WIB.

Prabowo datang bersama Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo beserta Sekjen Gerindra Ahmad Muhzani,, Sedangkan Megawati didampingi oleh Puan Maharani, putra Megawati Prananda Prabowo, Seskab Pramono Anung, dan kepala BIN Budi Gunawan.

Prabowo menyatakan bahwa dirinya sudah lama ingin bertemu dengan Megawati. Sebab dirinya merasa sangat dekat dengan keluarga istri mendiang Taufiq Kiemas itu.

"Saya sangat berterimakasih, sebenarnya sudah lama. Kedatangan saya sebagai suatu sowan kekeluargaan, saya merasa dekat dengan ibu dan keluarga," kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu pun mengaku merasa mendapat kehormatan dan perlakuan baik dari Megawati sejak dulu meski kerap berbeda sikap politik.

"Kadang kita berbeda dalam beberapa sikap politik, tapi tidak prinsip karena yang utama, kami sama-sama patriot," ujar Prabowo.

Berikut suasana pertemuan keduanya yang berlangsung di kediaman Megawati:

2 of 6

1. Pakai Batik

Prabowo Bersama Megawati
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) bersama Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (tengah) memberi keterangan terkait pertemuan dan makan siang bersama di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Megawati dan Prabowo kompak menggunakan batik pada pertemuan pertama mereka yang digelar saat jam makan siang tadi. Batik digunakan sebagai simbol untuk merajut kembali hubungan silaturahmi antara keduanya yang cukup tegang setelah pertarungan pilihan presiden 2019. 

Walaupun diungkapkan oleh Megawati, bahwa dirinya tidak pernah memiliki masalah apapun dengan Prabowo.

Mengenakan batik motif parang berwarna hijau, Prabowo tiba di rumah Megawati sekitar pukul 12.29 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo disambut putri Mega, Puan Maharani. Sementara, Megawati menyambut dari teras rumah bersama beberapa orang dekatnya.

Sementara itu, Mega juga tak kalah memuakau dalam balutan batik bercorak kekinian berwarna merah dan coklat yang dipakainya siang tadi. 

3 of 6

2. Makan Bersama

Banner Pertemuan Prabowo dan Megawati
Banner Pertemuan Prabowo dan Megawati (Liputan6.com/Triyasni)

Makan bersama yang dilakukan oleh Prabowo dan Megawati bukanlah kali pertama, karena sebelumnya Prabowo sudah cukup sering makan nasi goreng buatan Megawati.

"Politik Nasi Goreng bisa membuat luluh hati Prabowo," ucap Megawati usai pertemuan tersebut dilaksanakan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, agenda pertama adalah makan siang bersama. Dimana, Megawati sudah mempersiapkan makanan secara khusus untuk Prabowo.

"Karena nanti acaranya dengan makan siang bersama, sehingga menu makan siang pun disiapkan secara khusus. Tadi saya melihat untuk memilih bawang yang dipakai untuk masakan pun, Ibu Mega memilih secara khusus," ucap Hasto di depan kediaman Megawati. 

Namun, kali ini, Megawati tampaknya tak menyiapkan nasi goreng, yang disebut kegemaran dari Prabowo.

"Masakannya nanti kami informasikan. Tapi dari bawangnya tadi, bawang putihnya memilih secara khusus," jelas Hasto.

4 of 6

3. Menyiapkan Bakwan

Prabowo Bersama Megawati
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) bersama Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat memberi keterangan terkait pertemuan dan makan siang bersama di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Secara khusus Megawati juga telah menyiapkan bakwan spesial yang dibuat oleh dirinya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto sebelum acara pertemuan tersebut dimulai.

Berdasarkan foto dari dokumentasi DPP PDIP yang diterima Liputan6.com, Megawati bersama jajarannya, menerima Prabowo dan jajarannya dan kemudian duduk di ruang tamu.

Tampak terlihat ada percakapan keduanya. Selain itu, juga terlihat Prabowo duduk di sebelah Megawati saat berada di meja makan.

Belum terlihat menu yang disajikan. Hanya di depan Megawati berisikan teh, sementara Prabowo, air mineral. Dari informasi yang diterima, Prabowo disajikan makanan pembuka, yakni bakwan, khusus buatan Megawati.

5 of 6

4. Buatkan Nasi Goreng

Prabowo Bersama Megawati
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) memberi keterangan terkait pertemuan dan makan siang bersama di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Makan bersama yang dilakukan oleh Prabowo dan Megawati bukanlah kali pertama, karena sebelumnya Prabowo sudah cukup sering makan nasi goreng buatan Megawati.

"Tadi Ibu Mega memenuhi janjinya, masak nasi goreng untuk kami. Saya sampai nambah. Padahal beliau ingatkan saya suruh dijaga (kondisi badan)," kata Prabowo usai pertemuan tersebut.

Prabowo mengaku sudah lama ingin bertemu dengan Megawati sebab dia merasa sangat dekat dengan keluarga istri mendiang Taufiq Kiemas itu.

"Saya sangat berterimakasih, sebenarnya sudah lama. Kedatangan saya sebagai suatu sowan kekeluargaan, saya merasa dekat dengan ibu dan keluarga," ujar Prabowo.

 

Reporter: Reynaldi Hasan

 

6 of 6

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓