Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional

Oleh Gilar Ramdhani pada 24 Jul 2019, 18:32 WIB
Diperbarui 12 Sep 2019, 14:42 WIB
Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional

Liputan6.com, Jakarta Kasih sayang yang paling tulus adalah kasih sayang antara ibu dan anak. Saat menjadi seorang ibu sekaligus perempuan berkarir, mendekatkan diri dengan anak juga penting agar dapat membangun hubungan yang erat.

Saat ini terdapat perusahaan yang mendukung penuh perempuan berkarir yang memiliki anak. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia telah menjadi rumah bagi lebih dari 4.200 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang berasal dari berbagai latar belakang. Di antara mereka juga terdapat sejumlah Nakama yang berperan sebagai seorang ibu sekaligus perempuan berkarir, sehingga para ibu tetap memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan ambisi mereka bersama keluarganya.

Di Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2019, banyak sekali momentum yang dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan anak walaupun di tengah kesibukan. Berikut macam-macam kegiatan yang bisa dilakukan agar orang tua dapat mendekatkan diri dengan anak:

1.     Memasak bersama si kecil

Salah satu kegiatan terbaik untuk dilakukan pada Hari Anak Nasional adalah melibatkan anak dalam menyiapkan makanan. Selain kegiatan memasak, orang tua juga dapat mengajak si kecil pergi berbelanja bahan makanan hingga menyiapkan meja makan. Orang tua dapat meminta anak untuk mencoba berbagai macam makanan batu, baik yang disukai maupun yang tidak disukai. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengajarkan anak mengenai berbagai makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

Memasak bersama anak juga merupakan kegiatan yang sedang sangat digemari belakangan ini, salah satu orang tua yang gemar melakukan kegiatan ini adalah Fidhia Almaida, Senior Social Media Analyst di Tokopedia.

 

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional
Fidhia Almaida, Senior Social Media Analyst di Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

“Selain dapat menyalurkan hobi dalam mencoba berbagai resep, saya juga dapat mengikutsertakan anak saya mulai dari proses memasak dan menjadikan itu sebagai kegiatan bermain,” ujar Fidhia. Menurut Fidhia, di tengah kesibukan bekerja, kegiatan memasak merupakan kegiatan yang dapat melepaskan stress dan membuatnya mengenal si kecil lebih dekat dan personal.

Memasak bersama anak-anak tak hanya memberikan pengalaman tetapi juga kesempatan untuk mengasah keterampilan penting seperti membaca, mengikuti arahan, dan mengukur. Selain mengedukasi anak dalam memasak, kegiatan ini tentunya dapat membangun kedekatan dengan anak.

2.      Membacakan cerita kesukaan si kecil

Dengan padatnya jadwal orang tua, tentunya membacakan buku cerita menjadi kegiatan yang jarang dilakukan. Padahal, membacakan cerita kesukaan merupakan kegiatan yang dinanti-nantikan oleh si kecil.

Kegiatan ini sudah dilakukan oleh Indri Yuanita selama beberapa tahun terakhir. Wanita yang bekerja sebagai Head of Business Payment di Tokopedia tersebut masih ingat bagaimana Ia selalu menanti-nanti untuk membacakan cerita untuk anaknya setiap pulang kantor.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional
Indri Yuanita, Head of Business Payment di Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

Dengan kegiatan membacakan cerita, orang tua juga dapat melakukan percakapan yang dapat membuat anak menjadi sosok yang lebih terbuka terhadap orang tua. Menurut Indri, “Melalui bercerita, anak saya tumbuh menjadi anak yang pengertian dan perhatian kepada kedua orangtuanya. Setiap sore hari, setelah bermain dengan ayahnya, anak saya selalu bercerita mengenai kegiatan yang dilakukannya di hari itu, kemudian meminta saya untuk membacakan dongeng favoritnya.”

Untuk membangkitkan dan memperkuat hubungan dengan si kecil, membaca buku cerita kesukaan anak merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan menjadi momen tidak terlupakan untuk sang anak.

3.      Melibatkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah

Menyiram tanaman, membersihkan perabotan rumah tangga, hingga mencuci kendaraan memang merupakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Namun, ternyata kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kedekatan dengan si kecil. Orang tua dapat mengajak anak melakukan hal-hal yang simpel dan mudah dilakukan, seperti menyiram tanaman, membersihkan mainan, hingga melipat baju. Novy Shintia Ningrum, sebagai Senior Lead Transaction di Tokopedia selalu mengajarkan rasa disiplin dan tanggung jawab pada si kecil. 

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional
Novy Shintia Ningrum, Senior Lead Transaction di Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

Novy tidak menjadikan kesibukannya bekerja sebagai alasan untuk tidak menjalankan peran sebagai ibu secara maksimal. Novy merasa dengan kesibukan di tempat kerja, orang tua sebaiknya memanfaatkan kegiatan apapun untuk membangun quality time dengan si kecil.

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh Orang tua yang bekerja adalah meminta anak untuk merapikan mainan miliknya hingga membantu menyiram tanaman saat weekend. Namun, kegiatan ini sebaiknya difokuskan pada apresiasi atas inisiatif anak dalam membantu orang tua. Penting untuk diperhatikan bahwa kegiatan ini sebaiknya berfokus pada membangun suasana yang menyenangkan dengan anak.

4.      Berolahraga di lingkungan terbuka

Meskipun menarik, kegiatan olahraga cenderung sulit untuk dijadikan kebiasaan sehari-hari. Namun, momen Hari Anak Nasional dapat juga dimanfaatkan untuk mengajak anak berolahraga di lingkungan terbuka.

Banyak orang tua yang sudah merasakan manfaat dari berolahraga di lingkungan terbuka dengan si kecil. Salah satunya adalah Tyas Wibawanti, Head of People Department Tokopedia. Menurut Tyas, sibuk bekerja tidak membuat Tyas kehilangan momen atau waktu bersama sang buah hati. Baginya momen bersama anak tidak hanya dilihat dari seberapa banyak waktu yang dihabiskan berdua, namun juga bagaimana kualitas dari kegiatan yang dilakukan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengajak anak untuk beraktivitas di bawah terik matahari.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan dengan si Kecil di Hari Anak Nasional
Tyas Wibawanti, Head of People Department Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

“Setiap ada waktu untuk bermain bersama anak, saya akan benar-benar fokus ke dia, saya akan tinggalin hape saya jauh-jauh. Selain sehat, setidaknya agar anak tidak terbiasa untuk main game di smartphone saja. Dengan berolahraga pun saya merasa menjadi semakin dekat dan akrab dengan anak saya,” ujarnya.

Kegiatan olahraga dapat dikemas secara menarik dan menyenangkan. Kegiatan seperti dance, fun marathon, dan outbond tentunya dapat menarik perhatian anak untuk berolahraga. Selain sehat, menghirup udara segar tentunya penting untuk perkembangan anak.

Merayakan Hari Anak Nasional di tengah kesibukan orang tua ternyata bukan hal yang sulit. Tidak hanya dari empat kegiatan diatas, orang tua juga dapat mencari kegiatan lainnya yang dapat membuat si kecil senang. Salah satunya mengikutsertakan anak untuk melihat kegiatan orang tua di tempat kerja.

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia selalu memberikan lingkungan yang suportif untuk karyawannya. Selain memberikan fleksibilitas jam kantor, Tokopedia juga selalu mengembangkan kenyamanan bagi orang tua yang bekerja di perusahaan ini. Salah satu inovasi yang Tokopedia berikan adalah dengan adanya Kids Room. Kids Room di kantor Tokopedia memungkinkan Nakama untuk membawa serta anak mereka ke kantor, dimana dalam ruangan ini terdapat tempat bermain hingga penjaga Kids Room agar orang tua tetap dapat menikmati waktu berkualitas dengan anak sambil bekerja.