Hari Anak, PT KAI Bagikan Buku Cerita dan Ajak Murid SD Naik Kereta

Oleh Achmad Sudarno pada 23 Jul 2019, 16:04 WIB
Diperbarui 23 Jul 2019, 16:17 WIB
hari anak

Liputan6.com, Bogor - PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta membagikan buku cerita bergambar dan crayon warna kepada anak-anak yang sedang melakukan perjalanan dengan kereta. Tak hanya itu, dalam rangka ikut menyemarakkan Hari Anak Nasional, ratusan murid SDN 4 Cicurug diajak naik Kereta Api Pangrango relasi Cicurug-Bogor.

Dalam perjalanan menuju stasiun Bogor para peserta juga mendapatkan edukasi mengenai perkeretaapian, seperti cara pembelian tiket KA, sosialisasi keselamatan menggunakan kereta serta pengenalan profesi di PT KAI.

"Kegiatan ini selain untuk menyemarakkan Hari Anak juga sebagai wujud kepedulian kami akan pemenuhan hak dan kebutuhan anak untuk memperoleh pendidikan," kata Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, Selasa (23/7/2019).

Dadan mengatakan, PT KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk anak-anak. Hal itu terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp 0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orangtua atau tidak membeli seat (tempat duduk).

"Meskipun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiket diminta ke petugas sebelum boarding," kata dia.

2 of 3

Makin Ramah Anak

Ia juga mengklaim tiap stasiun saat ini sudah makin ramah terhadap anak-anak. KAI sudah menyediakan berbagai kebutuhan anak, seperti tempat bermain dan ruang khusus anak untuk menyusu.

"Tempat itu juga bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak," ujar Dadan.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by