Sukses

Muktamar PKB Akan Aklamasi, Cak Imin: Terserah Muktamirin

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali digadang untuk tetap menempati posisi ketua umum PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar muktamar pada Agustus 2019. Salah satu agenda muktamar adalah mencari ketua umum.

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali digadang untuk tetap menempati posisi ketua umum PKB. PKB pun membuka peluang terjadinya aklamasi apabila hanya Cak Imin yang maju sebagai calon ketua umum.

Muhaimin menepis, ini sudah diaturnya. Sebab, semuanya tergantung peserta muktamar PKB atau muktamirin nanti pada 20 Agustus 2019 di Bali.

"Terserah peserta muktamar. Saya ini tidak boleh mendahului muktamirin. Terserah muktamirin," kata Cak Imin di kantor DPP Nasdem, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Saat ditegaskan apakah mengharapkan aklamasi dalam pemilihan ketua umum PKB, dia hanya mengatakan, "Enggak tahu terserah saja," pungkas Muhaimin.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Lukman Edy menjelaskan, mekanisme pemilihan ketua umum adalah voting pemilik suara. Totalnya ada 560 suara dari pimpinan cabang dan 34 pimpinan provinsi.

Namun, PKB membuka peluang terjadinya aklamasi apabila hanya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang maju sebagai calon ketua umum.

"Kalau hanya Muhaimin Iskandar calonnya, maka akan dinyatakan aklamasi," ujar Lukman di Batik Kuring, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019.

Lukman belum tahu apakah bakal ada calon ketua umum lain yang bakal menyaingi Cak Imin. Sebab, hal itu baru diketahui saat muktamar digelar.

"Kader kan banyak, apakah kader yang banyak ini mencalonkan sebagai ketum, itu kita tak tahu," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Seluruh DPW?

Seluruh DPW PKB mengaku sepakat mendukung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali menjadi ketum periode 2019-2024.

"Kami sangat berharap Bapak Jokowi bisa hadir di Bali membuka Muktamar PKB yang kami jamin akan sangat-sangat kondusif karena DPW sudah aklamasi untuk melanjutkan ketua umum kita (Muhaimin Iskandar)," ujar Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 2 Juli 2019.

Menurut dia, hingga kini belum ada kandidat lain yang maju untuk memperebutkan kursi Ketum PKB. Yusuf pun meyakini Cak Imin akan terpilih secara aklamasi.

"Sampai hari ini enggak ada (calon lain)," ucapnya.

Dia menuturkan, dukungan dari para pengurus DPC hingga DPW lantaran mereka menilai kepemimpinan Cak Imin membuat PKB memperoleh suara cukup signifikan dalam Pemilu 2019.

Hal tersebut lah yang membuat pengurus DPW PKB sepakat meminta kesediaan Cak Imin untuk menjadi ketua umum kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.