Sukses

Transjakarta Kandangkan 59 Kopaja Terintegrasi

PT Transjakarta menghentikan operasional 59 bus Kopaja yang terintegrasi dengan Transjakarta untuk pengecekan menyeluruh kondisinya.

Liputan6.com, Jakarta PT Transjakarta menghentikan operasional 59 bus Kopaja yang terintegrasi dengan Transjakarta untuk pengecekan menyeluruh kondisinya.

"Saat ini sudah 19 unit Kopaja yang sudah dilakukan pengecekan dan diperkirakan akan selesai tiga hari," kata Direktur PT Transjakarta Agung Wicaksono, dikutip dari Antara, Minggu 21 Juli 2019.

Hal tersebut terkait dengan Kopaja 160 dengan rute Kampung Melayu-Pulogebang yang terbakar di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur tepatnya di depan Apartemen Bassura pada hari Sabtu 20 Juli lalu.

Agung mengatakan langkah tersebut  setelah pengecekan kemudian dilakukan investigasi, di antaranya oleh Transjakarta, Kopaja, dan APM.

Kopaja yang terintegrasi dengan Transjakarta merupakan keputusan gubernur tahun 2015, saat itu dan banyak yang tidak sesuai dengan standar yang ada.

"Pada 2019 ini, akan kami perbaiki dengan integrasi yang sesungguhnya sesuai dengan standar pelayanan Transjakarta," kata Agung.

Armada harus standar karoseri yang ditetapkan Transjakarta, sementara yang dulu tidak standar. Perawatannya dilakukan oleh agen pemegang merek (APM), sedangkan yang lalu tidak dilakukan seperti itu.

"Ini langkah-langkah yang kita lakukan untuk ke depannya. Kebakaran Kopaja kemarin disebabkan oleh 'human error' yang dilakukan oleh mekanik dan kami harapkan untuk ditindaklanjuti dengan tegas," kata Agung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Kopaja