Sukses

Dian Sastro Masuk 10 Figur Menteri Milenial dari Kalangan Profesional

Selain Dian Sastro, muncul juga nama anak sulung Jokowi, Gibran dan putri Gus Dur Inayah Wahid.

Liputan6.com, Jakarta - Arus Survei Indonesia merilis 10 figur menteri milenial yang berasal dari kalangan profesional. Hasilnya, muncul nama Dian Sastrowardoyo sebagai salah satu kandidat yang dianggap mampu menjadi menteri muda potensial dalam kabinet Jokowi jilid kedua.

"Skor dari penilaian kami, nama Dian Sastro muncul bersama sembilan sosok lainnya, seperti Emil Dardak, Nadiem Makariem, Achmad Zaky, Witjaksono, Inayah Wahid, Ferry Unardi, Gibran Rakabuming, Wiliam Tanuwijaya, dan Sunanto," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an dalam jumpa pers di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Munculnya nama Dian Sastro diakui Ali cukup mengejutkan. Tatkala sosok bidang profesional lain berasal dari kalangan e-commerce, seperti Achmad Zaky dan Nadiem Makariem. Atau kriteria lain yakni anak presiden seperti Gibran dan Inayah Wahid putri Gus Dur.

Ali menyebutkan, barometer dari 10 sosok figur menteri milenial profesional ini didapat dari lima alasan. Pertama, dari integritas dan rekam jejak, kedua kompetensi dan kapabilitas, ketiga inovasi dan kreativitas, empat komunikasi publik dan pengaruh sosial, terakhir ialah aspek manajerial dan kepemimpinan.

"Lewat lima aspek itu Dian Sastro mendapat penilaian sebesar 70,36, di bawah Inayah Wahid (70,58) dan di atas Ferry Unardi CEO Traveloka (68,28)," kata Ali.

Sebagai catatan, sumber penilaian Arus Survei Indonesia merilis figur menteri milenial ini berasal dari tiga tingkatan, pertama masuk dalam radar survei pakar/public opinion makers Arus Survei Indonesia dalam rentang waktu 26 Februari - 12 Maret 2019.

Kedua, hasil analisis media periode April - Juli 2019, dan ketiga, analisis peluang ahli.

"Total jumlah juri pakar dalam riset ini adalah 110 pakar/public opinion makers. Terdiri dari 10 kategori, akademisi, jurnalis, pengamat, parpol, ormas, pengusaha muda, aktivis, budayawan, profesional, dan praktisi pemerintahan," ucap Ali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Figur Menteri Milenial dari Profesional

Berikut 10 sosok figur milenial dari kalangan profesional yang berpeluang menjadi menteri Jokowi versi Arus Survei Indonesia:

  1. Emil Dardak, Wagub Jatim (79,66)
  2. Naddiem Makariem, Gojek (78,88)
  3. Achmad Zaky, Bukalapak (73,76)
  4. Witjaksono, NU (71,78)
  5. Inayah Wahid, Putri Alm Gus Dur (70,58)
  6. Dian Satro, Aktris (70,36)
  7. Ferry Unardi, Traveloka (68,62)
  8. Gibran Raka, Putra Sulung Jokowi (65,34)
  9. William Tanuwijaya, Tokopedia (64,12)
  10. Sunanto, Muhammadiyah (59,80)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.