Sukses

BMKG: Maluku dan Palu Diguncang Gempa Hari Ini

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi terkait potensi tsunami atau kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada dua gempa yang mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Sabtu (20/7/2019).

Hingga pukul 19.45 WIB, gempa di akhir pekan ini melanda Piru, Ibu Kota Kabupaten Seram bagian barat, Provinsi Maluku dan Palu, Sulawesi Tengah.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi terkait potensi tsunami atau kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

Namun, getaran gempa terasa hingga ke ke sejumlah wilayah. Gempa Palu misalnya, getarannya mencapai Sigi dan Palu.

Berikut dua gempa yang menggetarkan wilayah Indonesia hari ini:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Maluku

Maluku diguncang gempa magnitudo 5. Lindu terjadi pada pukul 04.24 WIB.

BMKG melaporkan pusat gempa terjadi di 34 killometer utara Piru yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Seram bagian barat, Maluku.

Ada pun koordinat titik gempa Maluku berada pada 2,76 Lintang Selatan (LS) dan 128,13 Bujur Timur (BT). Sementara, kedalaman lindu mencapai 10 kilometer.

3 dari 3 halaman

Gempa Palu

Sementara itu, gempa kedua hari ini terjadi di Palu. Gempa berkekuatan magnitudo 3,3 terjadi pada pukul 14.51 WIB.

Pusat lindu, seperti yang diungkap BMKG lewat laman resminya terjadi di darat atau sekitar 10 kilometer bagian selatan Palu III Sigi.

Seperti halnya Maluku, gempa Palu berada pada kedalaman 10 kilometer. Sementara, koordinat titik lindu berada di 0,99 (LS) dan 119,86 (BT).  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Palu

  • Gempa Maluku