Sukses

AMSI Terima Kunjungan 12 Perwira Sespimti Polri

Para perwira Sespimti menyatakan akan terus bergandengan tangan dengan media anggota AMSI di berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 12 perwira menengah Polri dan TNI yang tengah menjalani pendidikan dan pelatihan calon perwira tinggi Polri di Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Sespim Polri diterima pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Jumat (19/7/2019). 

Para calon jenderal ini terdiri dari 10 perwira polisi berpangkat komisaris besar dan dua perwira TNI berpangkat kolonel.

Rombongan perwira Sespimti Polri Angkatan ke-28 ini dipimpin oleh pembina dan pengajar (widyaiswara) Sespimti Sespim Polri Brigjen Pol Suryambodo.

Rombongan perwira SESPIMTI Polri Angkatan ke-28 ini dipimpin oleh pembina dan pengajar (widyaiswara) SESPIMTI SESPIM Polri, Brigjen Pol Suryambodo. (Foto: Liputan6/Istimewa)

"Para siswa didik ini tengah menjalani Kuliah Kerja Profesi (KKP), sebagai bagian penting menimpa pengalaman dan pengetahuan dari berbagai lembaga yang akan terkait dan dibutuhkan saat bertugas di masa depan. Selain belajar menyerap informasi dan permasalahan, para peserta didik ini juga diharapkan bisa membangun sinergi polisional di tempat tugas baru nanti," kata Suryambodo. 

Rombongan perwira TNI-Polri ini diterima oleh sejumlah pengurus AMSI, antara lain Wenseslaus Manggut (Ketua Umum), Wahyu Dyatmiko (Sekjen), Sapto Anggora (Dewan Penasihat), Adi Prasetya (Ketua Bidang Usaha), Roni Kusuma (Anggota Bidang Usaha), dan Nuruddin Lazuardi (Ketua Bidang Advokasi).

Kunjungan peserta Sespimti ini dijamu di ruang pertemuan kantor redaksi KLY Youniverse di kawasan Menteng Jakarta Pusat.

"Kami menyambut dengan terbuka dan bersenang hati kehadiran para perwira polisi dan TNI ini. Karena antara media, TNI dan apalagi polisi, adalah profesi yang saling membutuhkan kerja sama satu sama lainnya, dalam tugas sehari-hari," kata Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut.

Rombongan perwira SESPIMTI Polri Angkatan ke-28 ini dipimpin oleh pembina dan pengajar (widyaiswara) SESPIMTI SESPIM Polri, Brigjen Pol Suryambodo. (Foto: Liputan6/Istimewa)

Sementara itu, Sekjen AMSI Wahyu Dyatmiko menyatakan, saat ini anggota AMSI terdiri dari 250-an media siber yang tersebar di 18 provinsi di Indonesia.

AMSI sendiri, lanjut Wahyu, memiliki visi mengembangkan jurnalisme siber yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya, serta memperkuat peran media siber dalam mendorong demokrasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Saat ini ada beberapa masalah besar yang harus kita selesaikan. Regulasi, teknologi, sumber daya manusia, skema bisnis, dan terutama sekali maraknya hoaks dan fake news," kata Wahyu yang juga Pemimpin Redaksi Tempo.co.

Rombongan perwira SESPIMTI Polri Angkatan ke-28 ini dipimpin oleh pembina dan pengajar (widyaiswara) SESPIMTI SESPIM Polri, Brigjen Pol Suryambodo. (Foto: Liputan6/Istimewa)

Kedua pihak sepakat akan menjalin kemitraan atau kerjasama meski dengan lingkup tugas yang berbeda. Polisi di sisi penegakan hukum dan media anggota AMSI sebagai lembaga yang dipercaya publik menyebarkan informasi dan berita terpercaya.

Selain itu, para perwira Sespimti menyatakan akan terus bergandengan tangan dengan media anggota AMSI di berbagai daerah.

"Tugas kita sepertinya ada kesamaan. Sama-sama menjaga peradaban masyarakat dan NKRI agar tidak terganggu oleh maraknya hoak, berita bohong dan disinformasi, yang merugikan kita semua," kata Kombes Guritno, salah seorang perwira yang ikut dalam pertemuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Polri

  • AMSI

Video Terkini