Akhir Tragis Instalasi Bambu Getih Getah Kebanggaan Gubernur DKI Jakarta

Akhir Tragis Instalasi Bambu Getih Getah Kebanggaan Gubernur DKI Jakarta

Masih segar di ingatan kita, 11 bulan lalu Pemprov DKI Jakarta mengerahkan berbagai upaya mempercantik Ibu Kota. Termasuk mengeluarkan anggaran untuk pernak-pernik estetik.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (19/7/2019), berlokasi tepat di jantung Ibu Kota, berdiri salah satu pemanis Jakarta, instalasi bambu Getih Getah.

Sayangnya, instalasi yang dipasang di Bundaran HI ini tak bertahan lama. Karya seni yang memakan anggaran Rp 550 juta, Kamis 18 Juli 2019 malam, dibongkar. Alasannya, bambu yang jadi bahan pokok instalasi mulai rapuh.

Pembongkaran instalasi bambu Getih Getah mengundang berbagai respon masyarakat. Rata-rata menyayangkan anggaran yang begitu besar yang semestinya bisa dikonversi untuk memenuhi kebutuhan yang lebih krusial.

Karya seniman Joko Avianto yang dipasang pada Agustus 2018 ini, sempat dibanggakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai karya seni dengan material asli Indonesia.

Instalasi ini ditopang oleh puluhan pilar bambu yang tertancap kokoh. Dipilihnya bambu sebagai bahan pembuatan juga menyimbolkan perjuangan bangsa Indonesia saat merebut kemerdekaan.

Kini, instalasi bambu bernama "Getih-Getah Pasukan Majapahit" tinggal kenangan. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 19 July 2019, 13:31 WIB

Video Terkait

Spotlights