Hotman Paris Tengahi Kasus Garuda Indonesia dan Rius Vernandes

Oleh Yopi MakdoriRatu Annisaa Suryasumirat pada 19 Jul 2019, 12:28 WIB
Diperbarui 19 Jul 2019, 15:17 WIB
Perdamaian Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Vernandes

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pemidanaan terhadap YouTuber Rius Vernandes oleh Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) akhirnya berbuntut damai.

Kedua pihak sepakat untuk menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan. Diketahui, dalang dibalik upaya kekeluargaan tersebut adalah pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. 

Menurut Hotman, pada awalnya ia diminta pihak Garuda Indonesia untuk menjadi pengacaranya. Namun, ia mengungkapkan dirinya lebih tertarik menjadi penengah dalam kasus tersebut.

"Kemarin saya diundang oleh Garuda, aku lebih suka jadi juru damai. Honor nanti-nanti saja, kalau pengacara lain langsung gugat, benar gak," kata Hotman di bilang Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/7/2019).

Dia mengaku, upaya damai terjadi juga karena bantuan dari Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Tanpa bantuannya, kata Hotman, upaya perdamaian tidak mudah terealisasikan.

"Bapak Askhara, Bapak Dirut Garuda, jujur tanpa beliau tidak mungkin perdamaian cepat selesai. Bahkan beliau mau datang sungguh-sungguh," ungkapnya.

Hotman menjelakan, upaya damai tersebut akhirnya berujung manis, dimana pihak Sekarga selaku pelapor mencabut laporannya terhadap Rius. Sekarga juga tidak akan melanjutkan perkara itu lagi.

"Tidak akan melanjutkan lagi perkara ini, dan sepakat tidak menuntut, baik perdata, pidana atau apapun, dan tidak akan menyajikan lagi pernyataan-pernyataan di media massa," Hotman mengakhiri.

 

2 of 3

Kisruh Youtuber dan Garuda Indonesia

Sebelumnya, kisruh antara maskapai plat merah Garuda Indonesia dengan Rius Vernandes akhirnya berujung damai.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian Serikat Pekerjan Garuda (Sekarga), Tomy Tampatty. Menurut penuturan Tomy, pihaknya selaku pelaporan dalam kasus tersebut telah bersepakat menyelesaikan hal tersebut secara kekeluargaan.

"Konsekuensinya kita mencabut seluruh laporan dan tidak akan mengajukan kembali," kata Tomy dalam sebuah konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Jum'at (19/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Tomy pun menyampaikan permohonan maafnya. Ia mengatakan bahwa Garuda Indonesia terbuka akan kritik. "Kita sama-sama menjaga Garuda sebagai aset bangsa," katanya.

Hal itu juga ditegaskan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, ia mengatakan bahwa pihaknya memastikan bahwa Serkarga mencabut laporan yang dilayangkan terhadap YouTuber Rius Vernandes.

Dalam kesempatan itu, kata Askhara, merupakan momentum untuk menjaga kesatuan.

"Saya bisa memastikan bahwa serikat pekerja untuk mencabut laporan polisi atas Rius Vernandes, sehingga kita menjaga nama Garuda Indonesia sebagai aset bangsa. Mudah-mudahan ini menjadi momentum untuk menjaga kesatuan. Mari kita hilangkan kebencian kita menjadi satu," ucap Askhara.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓