Sukses

Rius Vernandes: Saya Akan Kembali Terbang Bersama Garuda Indonesia

Rius menyampaikan terima kasih kepada pihak Garuda Indonesia yang telah beriktikad baik menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Vernandes akhirnya berdamai. Kedua belah pihak sepakat menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

Rius sendiri mengaku akan kembali terbang menggunakan maskapai pelat merah itu. "Masa lalu sudah dilupakan, yang terpenting saya akan terbang kembali dengan Garuda dan meningkatkan lagi citra Garuda," ungkap Rius dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Rius juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terlebih lagi kepada pihak Garuda Indonesia dan Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) yang telah beriktikad baik menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, kepada Garuda dan Serikat Pekerja Garuda yang menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan," ucap Rius.

Dalam kesempatan itu hadir pula pengacara Rius, Abraham. Abraham mengharapkan perdamaian tersebut, semua pihak bersama-sama menjaga Garuda Indonesia sebagai salah satu unit usaha kebanggaan bangsa.

"Dan terimakasih kita dimediasi oleh Pak Dirut dan Hotman, dan setelah ini kita bisa menjaga Garuda sebagai aset bangsa," katanya.

Sebelumnya, Serikat Pekerja Garuda Indonesia melaporkan Rius ke polisi karena dianggap telah mencemarkan nama baik perusahaan.

Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty mengungkapkan, sehubungan dengan adanya pemberitaan yang merugikan terhadap Garuda Indonesia terkait unggahan di media sosial yang dilakukan oleh salah satu Youtuber, maka ada beberapa anggota Sekarga telah melaporkan unggahan tersebut kepada pihak berwajib.

"Ada beberapa karyawan Garuda Indonesia yang juga sebagai anggota Sekarga yang mewakili Sekarga telah memasukkan pengaduan kepada pihak Kepolisian atas perbuatan yang berdampak terhadap reputasi perusahaan tempat kami bekerja," kata dia melalui keterangan resminya, Rabu (17/7/2019).

Tomy menyatakan, ketua dewan pimpinan pusat telah memutuskan untuk mendukung pelaporan tersebut. "Penyampaian pengaduan ini dilakukan karena kami patuh dengan aturan dan prosedur hukum yang berlaku terkait dengan penggunaan media sosial," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Dampak Negatif

Menurut dia, unggahan tersebut dinilai telah memberi dampak negatif yang merugikan perusahaan tempat mereka mencari nafkah.

"Laporan tersebut disampaikan dan didasari atas dampak kerugian yang dialami oleh perusahaan tempat kami bekerja atas unggahan di media sosial yang tidak proporsional mengenai peristiwa yang terjadi, sehingga menimbulkan persepsi negatif kepada masyarakat atas layanan Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier Indonesia," ungkapnya.

Kendati demikian, dia menegaskan pihaknya akan mengikuti semua proses sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Kami juga akan menghormati semua proses hukum yang akan berjalan dan mematuhi segala keputusan yang ditetapkan oleh pihak pengadilan nantinya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.