Sukses

Top 3 News: Motif di Balik Bentrokan Mesuji Lampung

Top 3 News, bentrokan di Mesuji Lampung mengakibatkan empat orang tewas. Tiga di antaranya mendapat luka bacokan.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 News hari ini, empat orang dikabarkan tewas saat bentrokan terjadi di Mesuji, Lampung, Rabu siang, 17 Juli 2019. Belakangan diketahui bentrokan terjadi terkait sengketa kepemilikan lahan. 

Polisi yang diturunkan ke tempat lokasi kejadian (TKP) langsung melakukan pendekatan persuasif kepada dua kelompok yang bertikai agar bentrokan tak meluas ke wilayah lain.

Sementara itu, Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengkritik pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Mass Rapid Transit Lebak Bulus, pada Sabtu, 13 Juli 2019.

Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade menduga kritikan tersebut dilontarkan lantaran Jubir PA 212 Novel Bamukmin belum menerima surat dari Prabowo terkait pertemuan tersebut.

Berita lainnya yang tak kalah menjadi sorotan terkait gempa magnitudo 5,8 yang terjadi di Bali. Tidak hanya menimbulkan kepanikan,guncangan gempa juga terasa hingga ke Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Menurut catatan sejarah, wilayah Bali memang dikenal sebagai wilayah yang rawan gempa akibat aktivitas tumbukan lempeng, juga sangat rawan gempa akibat sesar aktif. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 17 Juli 2019:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Warga Bentrok di Mesuji, 4 Orang Dikabarkan Tewas

Dua kelompok warga di Register 45 Mekarjaya, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, bentrok pada Rabu (17/7/2019) siang. Berdasarkan informasi, empat orang dikabarkan tewas, tiga di antaranya mendapat luka bacokan. 

"Benar terjadi bentrok, anggota kami sedang berada di lokasi," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung.

Agar aksi bentrok tidak meluas, polisi memberikan upaya persuasif agar kedua kelompok yang berselisih bisa menahan diri.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Sebelum Bertemu Jokowi, Prabowo Juga Surati Sejumlah Ulama

Pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuai kritikan dari sejumlah pihak, tak terkecuali Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang selama ini mendukungnya di Pilpres 2019.

Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade menegaskan, Prabowo telah memberi kabar soal rencana pertemuannya dengan Jokowi kepada sejumlah ulama yang mendukungnya.

Andre menduga, Jubir PA 212 Novel Bamukmin mengkritik pertemuan tersebut lantaran belum menerima surat dari Prabowo.

"Jumat (12/7), sehari sebelum bertemu Jokowi, Prabowo kirim surat kepada tokoh-tokoh termasuk ulama-ulama. Habib Novel Bamukmin mungkin enggak terima, mangkanya dia protes," kata Andre di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Melihat Sejarah Gempa dan Tsunami Dahsyat di Bali yang Tewaskan Ribuan Orang

Wilayah Bali diguncang gempa magnitudo 5,8 pada Selasa pagi, 16 Juli 2019. Lokasi gempa Bali berada di 83 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali dengan kedalaman mencapai 68 kilometer.

Berdasarkan catatan sejarah, wilayah Bali dan sekitarnya dikenal sebagai kawasan yang sering dilanda gempa bumi. Distribusi pusat gempa tersebar di sebelah selatan dan utara Pulau Bali.

Wilayah Bali selain rawan gempa akibat aktivitas tumbukan lempeng, juga sangat rawan gempa akibat sesar aktif. Salah satunya adalah struktur sesar yang terbentuk akibat hujaman balik proses subduksi yaitu Sesar Naik Flores.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.