Sukses

Kapolri ke Purnawirawan: Kami Sangat Welcome dengan Kritik

Meski demikian, Tito berharap kritikan purnawirawan terhadap institusi tidak diumbar.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut, institusinya terbuka dengan kritikan dari para purnawirawan Polri. Menurutnya, kritik adalah untuk kebaikan Polri.

Hal itu disampaikan Tito dalam acara wisudawan purna bakti perwira tinggi Polri di Auditorium PTIK-STIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 17 Juli 2019.

"Kalau ada hal yang negatif di internal yang juga bisa ditemukan, kami juga tidak anti kritik, kami sangat yakin juga temen-temen senior ingin Polri baik, untuk itu kami sangat welcome dengan kritik," kata Tito.

Menurutnya, dukungan dari senior tak hanya berbentuk fisik, tapi juga suara. Tito mengatakan, para purnawirawan lebih bisa bebas bicara dibanding anggota yang masih aktif.

"Kalau senior yang sudah purna mau ngomong apa aja bisa ngomong bebas, termasuk kalau untuk membela institusi bisa dengan tone yang lebih bebas, dengan irama yang lebih bebas, narasi yang lebih bebas," ucap Tito.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Diumbar di Luar

Meski demikian, Tito berharap kritikan purnawirawan terhadap institusi tidak diumbar. Ia tak ingin Polri dianggap tak kompak.

"Kalau hal buruk sampaikan ke internal, dan kita akan upayakan cari solusi jalan keluar dan memperbaiki yang kurang baik, namun kalau disuarakan di luar kurang baik, karena akan menjadi polemik seolah-olah Polri tidak solid, ini mungkin harapan kami kepada senior," imbuhnya.

Di akhir sambutannya, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mengucapkan terima kasih kepada senior yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Saya ucapkan terima kasih pribadi sebagai pimpinan Polri dan seluruh jajaran Polri atas seluruh dedikasi pengabdian senior-senior dan dukungan," kata Tito Karnavian.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.