Sukses

Undang Artis hingga Musikus, Jokowi Janjikan Dana Abadi Pekerja Seni

Pertemuan yang digelar di Istana Bogor itu berlangsung secara tertutup itu selama dua jam.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang sejumlah artis, penyanyi, hingga presenter ke Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019). Pertemuan yang digelar secara tertutup itu berlangsung selama dua jam.

Yovie Widianto, salah satu musikus yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, bahwa Jokowi menjanjikan dana abadi untuk membantu mengembangkan seni budaya Indonesia.

"Jadi kalau itu kan baru akan dimulai tahun depan bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak presiden disisihkan. Memang belum terlalu detail sih sebenarnya, umum. Sangat umum," ujar Yovie usai pertemuan.

Dia enggan menyebutkan secara spesifik besaran dana abadi yang dijanjikan oleh Jokowi. Namun, kata dia, jumlah uang yang akan digelontorkan mencapai triliunan rupiah.

"Cukup besar tadi kata presiden, dan kelihatan masih ke pendidikan, tapi ke depan akan ada kebudayaan. Jadi seperti apa yang penting ini adalah sebuah suatu untuk suatu pemerintahan ada niat seperti ini harus kita sambut baik karena ini pasti akan membuat semangat para insan kreatif," ucapnya.

Sementara itu, presenter sekaligus caleg DPR RI Farhan, menyambut baik janji Jokowi yang memberikan dana abadi untuk pekerja seni. Kendati begitu, dia mengaku belum mengetahui secara detail mekanisme dana abadi tersebut.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar tujuannya untuk lembaga pendidikan itu pesan Pak Presiden, tapi memang mekanismenya belum jelas. Karena bagaimana pun juga niat baik harus diikuti dengan cara baik dengan cara pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan," jelasnya.

"Jadi kita semua tidak hanya mengharapkan gol di akhir di mana kita akan bisa mengharapkan para pekerja seni punya karya terbaik kelas dunia, tetapi juga kita punya dasar pengelolaan yang baik," sambung Farhan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Artis yang Diundang

Farhan juga enggan mengungkapkan besaran dana abadi tersebut. Yang jelas, lanjut dia, dana abadi yang dijanjikan Jokowi jumlahnya besar.

"Saya enggak berani ngomong. Gede, iya (total jumlah dana abadi) cuman kata presiden jangan bilang-bilang," katanya.

Selain Yovie Widianto dan Farhan, sejumlah artis yang diundang antara lain, Rian D'Masiv, Oppie Andaresta, Regina Ivanova, Charles Bonar Sirait, Kamasean, Marcel Siahaan, Sherina Munaf, Mona Ratuliu, Ersa Mayori, hingga Chacha Frederica.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.