Bertemu Menlu Singapura, Jokowi Dapat Ucapan Selamat Menang Pilpres

Oleh Lizsa Egeham pada 17 Jul 2019, 13:37 WIB
Diperbarui 17 Jul 2019, 13:37 WIB
jokowi
Perbesar
Presiden Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakhrisnan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019). Kedatangan Vivian langsung disambut Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan selamat datang kepada Vivian dan delegasi.

Vivian datang ke Istana Bogor didampingi Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar, Direktur Jenderal Asia Tenggara I Kementerian Luar Negeri Singapura Ian Mak, dan Asisten Direktur untuk Indonesia Kementerian Luar Negeri Singapura Nicholas Koh. Sementara Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi.

Jokowi lantas mengajak Vivian untuk berbincang di ruang kerjanya di Istana Bogor. Usai pertemuan, Retno menyampaikan Menlu Singapura sempat mengucapkan selamat kepada Jokowi yang memenangi kontestasi Pilpres 2019.

"Menlu Singapura juga menyampaikan sekali lagi ucapan selamat kepada presiden atas hasil pemilu dan proses pemilu yang sudah berjalan dan sudah ditetapkan oleh MK," kata Retno.

"Menlu Singapura menyampaikan saya quote 'Indonesia shall be congratulated' dan mereka juga sangat menghargai leadership Indonesia," sambung dia.

Retno mengatakan, pertemuan Jokowi dan Vivian salah satunya membahas persiapan pertemuan tahunan pemimpin kedua negara atau Indonesia-Singapore Annual Leader's Retreat, yang akan digelar tahun ini.

"Dalam kunjungan kehormatan satu hal yang dibahas oleh Presiden dan Menlu Singapore adalah persiapan Leaders Retreat antara Presiden dengan PM Singapore yang akan dilakukan pada tahun ini dan kita sedang berbicara mengenai masalah tanggal pelaksanaannya," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Tidak Membahas FIR

Pada kesempatan itu, Retno membantah pertemuan Jokowi dengan Menlu Singapura turut membahas soal negosiasi Singapura soal ruang kendali udara penerbangan alias Flight Information Region (FIR) di wilayah sekitar Kepulauan Riau dan Natuna.

"(Pembahasan FIR) dengan presiden tidak," ucap Retno.

Lanjutkan Membaca ↓