Sukses

Ini Waktu yang Tepat Menikmati Gerhana Bulan Sebagian di Jakarta

Untuk wilayah DKI Jakarta, durasi gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 4 jam 28 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena alam kembali menyambangi langit Indonesia. Gerhana bulan sebagian diperkirakan bisa dinikmati di sejumlah wilayah Indonesia. Antara lain Jakarta, Medan, Sumatera Utara, dan Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu dini hari, 17 Julu 2019.

"Gerhana sebagian akan dimulai pada pukul 03.00 WIB dan puncaknya terjadi pada pukul 3.42 WIB dan berakhir pada pukul 5.59 WIB," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Rorom Priyatikanto, kepada Liputan6.com, Selasa (16/7//2019).

Lantas kapan waktu yang tepat untuk menikmati fenomena langka ini?

Untuk wilayah DKI Jakarta, durasi gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 4 jam 28 menit.

Proses awal gerhana dimulai pada pukul 01.43 WIB, gerhana sebagian pukul 03.01 WIB, mencapai puncaknya pada pukul 04.30 WIB, lalu berakhir pada pukul 06.11 WIB..

Di Medan, Sumatera Utara, durasi gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 4 jam 45 menit. Awal gerhana terjadi pukul 01.43 WIB, gerhana sebagian pukul 03.01 WIB, mencapai puncaknya pada pukul 04.30 WIB dan berakhir pada pukul 06.29 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Dilihat Secara Kasat Mata

Gerhana bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Saat itu, Bumi sedang berada di antara Matahari dan Bulan, pada satu garis lurus, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai Bulan karena terhalangi oleh Bumi

Menurut Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Rorom Priyatikanto, fenomena gerhana bulan sebagian dapat disaksikan secara langsung dengan kasat mata.

"Tetapi akan lebih baik menggunakan teleskop dan kamera," ujar Rorom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.