Bamsoet: Jokowi Minta Golkar Jangan Terpecah dan Lahir Partai Baru

Oleh Liputan6.com pada 16 Jul 2019, 17:05 WIB
bamsoet

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan ada sinyal positif dari Presiden Jokowi terkait pemilihan ketua umum partai Golkar. Jokowi, kata dia, menitipkan pesan supaya Golkar menjaga kekompakan dan tidak terpecah. 

"Semua positif, jadi urusan Golkar siapapun yang mau maju dipersilakan. Yang paling penting intinya dipersilakan agar dijaga kekompakan dan jangan lahir lagi partai baru dari rahim Golkar," ujar Bamsoet, sapaannya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Bamsoet yakin Jokowi setuju banyak kader bersaing memperebutkan kursi ketua umum Golkar. Saat ini baru nama Airlangga Hartarto, yang masih menjabat sebagai ketum dan Bamsoet.

"Saya yakin, percaya, Pak Jokowi mendorong banyak kader yang maju supaya persaingan atau kompetisinya sehat," kata dia.

Kendati demikian, dalam pertemuan tertutup itu, Bamsoet mengaku tidak bicara masalah partai Golkar dengan Jokowi. Hanya pembahasan normatif. Termasuk isu percepatan musyawarah nasional penggantian ketua umum.

"Tidak ada pembahasan untuk munas, kita bicara soal partai Golkar saja.Kan belum ditentukan munasnya kapan," kata dia.

Sebelumnya, Bamsoet menghadap ke Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (16/7/2019). Bamsoet mengaku tidak membahas pencalonannya sebagai ketua umum Golkar.

2 of 3

Dukungan Habibie

Wakil Koordinator Bidang (Wakorbid) Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo bertemu dengan BJ Habibie, Senin (15/7/2019).
Wakil Koordinator Bidang (Wakorbid) Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo bertemu dengan BJ Habibie, Senin (15/7/2019). (Merdeka.com/Ronald)

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Bamsoet lebih dulu bertemu dengan mantan Presiden BJ Habibie di Wisma Habibie dan Ainun di Jalan Patra Kuningan XIII, No 1,3,5, dan 7, Jakarta Selatan, Senin, 15 Juli 2019. Bamsoet mengatakan, dalam pertemuan itu, Habibie memberikan dukungan supaya bisa maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar.

"Tadi beliau memberikan pandangan-pandangan bahwa harus ada pembaharuan yang dilakukan di Partai Golkar. Saya tadi mengucapkan terima kasih atas pandangannya. Tentu ini akan membuat saya semakin mantap," ucap dia.

Dengan adanya klaim didukung Presiden ketiga RI ini, Bamsoet akan menemui para senior di Golkar. Namun, ia tak menjelaskan siapa yang akan ia temui.

"Namun juga masih banyak, masih ada yang harus saya datangi pada senior-senior yang lain, menerima pandangan-pandangan," kata Bambang Soesatyo.

Kendati demikian, Bamsoet mengaku kalau Habibie mendukung siapapun yang akan maju dalam kepemimpinan Golkar.

"Pak Habibie sebagai tokoh Golkar mendukung semua kader-kader Golkar, maju sebanyak-banyaknya. Karena kebetulan saya hari ini hadir, beliau mendorong. Sebetulnya semakin banyak kader yang maju, menurut beliau semakin bagus untuk partai," pungkas Bamsoet.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait