Sukses

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro Maju di Bursa Ketua Umum Iluni UI

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brojonegoro mencalonkan diri sebagai Ketua Umum ILUNI UI periode 2019-2022.

Liputan6.com, Jakarta - Bambang Brojonegoro atau yang biasa disapa dengan BangBro, mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni atau Iluni UI periode 2019-2022.

Setelah mengurus berkas persyarakat, Senin 15 Juli 2019, pemilik nama lengkap Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro ini resmi ditetapkan sebagai salah satu calon Ketua Umum Iluni UI. Saat ini Bambang sedang menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Selain ditetapkan sebagai salah satu calon Ketua Umum Iluni UI, di hari yang sama saat mendaftar, juga ditetapkan sebagai awal kampanye masing-masing calon ketua dan akan berakhir pada tanggal 15 Agustus 2019.

Alasan BangBro menjadi sebutan yang dipakai Bambang yaitu agar para pemilih alumni UI merasakan kedekatan dengan calon ketua umum ini.

“Visi utama BangBro adalah mengkapitalisasi kekuatan alumni UI yang luar biasa untuk membuat UI disegani di tingkat regional dan internasional,” kata Donny Gahral selaku manager kampanye Bambang.

Bambang merupakan salah satu anggota Iluni UI yang mendapatkan gelar sarjananya di Universitas Indonesia (UI) pada bidang studi Ekonomi Pembangunan & Ekonomi Regional, kemudian bambang melanjutkan studinya dan mendapatkan gelar master dan professor di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Sebelum menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang juga pernah menjadi mitra peneliti LPEM Fakultas Ekonomi UI pada tahun 1997 sampai 2005, Dekan Fakultas Ekonomi UI pada tahun 2005-2009, kemudian menjadi menteri keuangan Indonesia masa jabatan 2014-2016.

Di luar dunia akademik, Bambang juga dikenal pada tingkat pasar modal hingga pemerintahan. Pria yang juga aktif dalam berbagai organisasi sosial ini sangat tidak asing dengan banyak Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) seperti PT. PLN, PT. ANTAM, PT. TELKOM, dan lain-lain.

Selain Bambang, calon Ketua Umum Iluni UI lain adalah Deputi IV Menko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin dan mantan Sekjen Iluni UI Andre Rahadian.

Adapun tahapan-tahapan Pemilihan Ketua Umum Iluni UI yang akan berlangsung mulai 24 Juni sampai dengan 24 Agustus 2019. Alumni UI akan melakukan pemilihan secara elektronik atau e-voting mulai tanggal 24 Agustus pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 25 Agustus 2019 pukul 12.00 WIB. Ketua Umum ILUNI UI ditetapkan pada tanggal 25 Agustus 2019.

 

Reporter: Nabila BIlqis

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.