Sukses

BMKG: Empat Gempa Terjadi di Indonesia Hari Ini

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo terguncang.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang beberapa wilayah di Indonesia hari ini. Hingga pukul 19.00 WIB, tiga wilayah Indonesia diguncang lindu.

Informasi mengenai gempa ini diperoleh dari laman resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Senin (15/7/2019).

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo berguncang. Lindu ini terjadi sekitar pukul 03.52 WIB.

Selain itu, gempa juga terjadi di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gempa tersebut terjadi pada sore ini.

Berikut 4 gempa yang mengguncang tiga wilayah Indonesia:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dulupi

Gempa pertama pada hari ini mengguncang wilayah Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo pada pukul 03.52 WIB.

Lindu ini bermagnitudo 3,8 dengan kedalaman 76 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 4 kilometer barat laut Dulupi. Lokasi gempa berada pada 0.64 Lintang Utara-122.4 Bujur Timur.

 

3 dari 5 halaman

2. Labuha

Selain itu, gempa juga membuat Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara berguncang pada hari ini pukul 10.05 WIB.

Pusat gempa berada di darat 12 kilometer tenggara Labuha. Gempa ini bermagnitudo 5 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 0.72 Lintang Selatan-127.58 Bujur Timur.

 

4 dari 5 halaman

3. Kodi

Wilayah Kodi, Sumba Barat Daya juga turut digoyang gempa hari ini. Lindu terjadi pada pukul 12.59 WIB.

Gempa ini bermagnitudo 5,1 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 10.0 Lintang Selatan-118.81 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 53 kilometer barat daya Kodi, Sumba Barat Daya.

 

5 dari 5 halaman

4. Labuha

Gempa kembali terjadi di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gempa susulan ini terjadi pada pukul 17.35 WIB.

Lindu bermagnitudo 5,3 dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 42 kilometer timur laut Labuha. Lokasi gempa berada pada 0.46 Lintang Selatan-127.83 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG