Sukses

Kemenristekdikti Dukung Pengembangan Techno Park di Kabupaten Dairi

Menristekdikti, Mohamad Nasir mendukung pembangunan Techno Park guna meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa di Kabupaten Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0, mutu sumber daya manusia (SDM) harus terus ditingkatkan melalui perguruan tinggi.

Karenanya, Nasir mendukung pembangunan Techno Park guna meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa di Kabupaten Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara.

"Dairi memiliki potensi sumber daya alam pertanian yang bagus, namun sumber daya manusianya yang belum mendukung dengan baik. Oleh karena itu jika akan dibangun Techno Park, harus ada perguruan tinggi yang bisa mendukung terhadap Techno Park itu," ungkap Nasir saat memberikan kuliah umum di Gedung Balai Budaya Kabupaten Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara, Jumat (12/7/2019).

Selain itu, dia juga mendorong Sidikalang untuk meningkatkan potensinya di bidang perkebunan, khususnya untuk produk Kopi Sidikalang. Menurutnya, produk kopi ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi masyarakat di Sidikalang.

"Oleh karena itu bagaimana produk ini bisa kita jual keluar Dairi. Sehingga perlu adanya suatu teknologi yang harus kita berikan melalui pendidikan tinggi nanti," tutur Nasir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rintis Pembangunan Techno Park

Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi kini diarahkan kepada pembangunan SDM dan sarana-prasarana pendukung.

Kabupaten Dairi saat ini tengah merintis proyek pengembangan sains dan teknologi, yaitu Dairi Techno Park. Selain itu, Eddy memohon dukungan untuk pendirian perguruan tinggi baru, sekaligus pemberian beasiswa kepada anak-anak di Kabupaten Dairi, khususnya yang berada di pelosok.

"Hal itu guna mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk peningkatan produktivitas," ujar Eddy.

"Proyek ini memanfaatkan lokasi Taman Rekreasi Sidikalang dan diharapkan Menristekdikti mendukung anggaran untuk proyek ini," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.