5 Suasana dalam Pertemuan Jokowi-Prabowo di MRT hingga Senayan

Oleh Maria Flora pada 13 Jul 2019, 14:55 WIB
Diperbarui 13 Jul 2019, 14:47 WIB
Keakraban Jokowi dan Prabowo Saat Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada lagi 01 dan 02. Tak ada lagi cerobong dan kampret. Semuanya menjadi satu, yaitu Indonesia. Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto pada hari ini, Sabtu ( 13/7/2019) mencairkan suasana yang sempat hangat usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pemilu 2019.

Pertemuan tersebut bahkan tak digelar di Istana atau Hambalang. Prabowo dan Jokowi memilih Stasiun Mass Rapit Transit (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menjadi awal terciptanya rekonsiliasi damai antara dua tokoh besar yang dimiliki negeri ini.

"Ini adalah pertemuan seorang sahabat, pertemuan seorang kawan, pertemuan seorang saudara yang sebetulnya ini sudah kita rencanakan lama," kata Jokowi yang mengenakan kemeja putih.

Jokowi dan Prabowo bertemu pada Sabtu pagi, pukul 10.07 WIB. Prabowo langsung mengucapkan selamat bekerja kepada Jokowi.

"Jadi saya ucapkan selamat bekerja. Saya juga ucapkan selamat tambah rambut putih, Pak," ucap Prabowo.

Lantas bagaimana suasana rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo hari ini:

2 of 7

Naik MRT

Jokowi dan Prabowo
Jokowi dan Prabowo (Sumber: Twitter/pramonoanung)

Sebelum pertemuan antara Jokowi dan Prabowo terjadi di MRT jurusan Lebak Bulus-MRT Senayan, sempat diwarnai tawar-menawar. Salah satunya terkait pemulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Oleh banyak pihak, rekonsiliasi dianggap sebagai salah satu upaya meredam gesekan di masyarakat usai pemilu, yakni dengan mempertemukan dua pihak yang bertarung dalam Pilpres 2019. Dan pada hari ini momen pertemuan kedua tokoh besar ini terjadi.

"Iya benar ada pertemuan hari ini," ujar Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Maruf, Usman Kansong, kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

"Bisa jadi emang di MRT Lebak Bulus dan bisa saja nanti ke FX, dan ada doorstop di sana," tambah Usman.

Teka-teki soal dimana Jokowi dan Prabowo akan bertemu pun terjawab saat sejumlah pejabat menunggu di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Sejak pukul 09.39 WIB, tampak Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani tampak di stasiun MRT. Selain itu, ada pula Kepala BIN Budi Gunawan serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hadir di lokasi.

Pada pukul 10.07 WIB, Jokowi dan Prabowo akhirnya bertemu. Begitu bertemu, keduanya berjabat tangan dan saling menempelkan pipi.

Keduanya juga sempat bercanda dan tertawa bersama. Pertemuan Jokowi-Prabowo disambut meriah oleh warga yang hadir di Stasiun MRT Lebak Bulus.

"I Love you Pak Jokowi-Prabowo," teriak salah satu warga. 

3 of 7

Ngobrol Serius di MRT

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto Usai Pilpres 2019 di MRT Jakarta
Pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto Usai Pilpres 2019 di MRT Jakarta. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Usai bersalaman dan berpelukan saat bertemu, Jokowi dan Prabowo langsung menuju MRT dengan menaiki eskalator. Keduanya langsung duduk berdua dan berbincang. Mereka duduk bersebelahan di gerbong nomor 2.

Pantauan Liputan6, Jokowi dan Prabowo tampak serius menobrol di dalam MRT. Sementara rombongan lainnya berada agak jauh dari keduanya.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, hingga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Bukan tanpa alasan Jokowi mengajak Prabowo naik MRT. Jokowi mengaku mengetahui jika Prabowo belum pernah naik MRT.

"Alhamdulilah pertemuan terlaksana, dan kita coba MRT, karena saya tahu, Pak Prabowo belum pernah naik MRT," ujar Jokowi di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Jokowi menyebut, pertemuan dirinya dengan Prabowo adalah pertemuan dengan seorang sahabat, kawan, dan saudara.

"Sebetulnya sudah kita rencanakan lama, tapi Prabowo sibuk sering mondar mandir ke luar negeri, saya pun begitu, perga pergi ke Jakarta dan daerah ada juga ke luar," kata Jokowi.

4 of 7

Jalan Kaki

Penuh Tawa, Jokowi-Prabowo Makan Sate Bersama
Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan usai keluar dari Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo makan siang bersama di pusat perbelanjaaan FX Sudirman. (Liputan6.com/JohanTallo)

Perbincangan hangat yang terjadi di dalam MRT pun berakhir usai keduanya sampai di Stasiun MRT Senayan. Jokowi dan Prabowo lanjut menuju pusat perbelanjaan FX Sudirman untuk makan siang. Keduanya berjalan kaki dari Stasiun MRT Senayan, Sabtu (13/7/2019).

Momen langka ini pun tak disia-siakan warga untuk mengabadikannya sambil menyerukan nama keduanya.

"We love you Pak. Pak Jokowi, Pak Prabowo," teriak warga yang mengikuti dari mulai Stasiun MRT Senayan hingga FX Sudirman.

5 of 7

Makan Siang di FX Senayan

Penuh Tawa, Jokowi-Prabowo Makan Sate Bersama
Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat makan bersama di FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Usai makan, Prabowo meninggalkan terlebih dahulu lokasi tersebut. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, dua kursi dan sebuah meja panjang bahkan telah disiapkan di FX Senayan, Jakarta. Tepatnya di restoran Sate Khas Senayan, dimana Prabowo dan Jokowi diagendakan bertemu.

Rombongan dari Kesekretariatan Negara juga sudah bersiap jelang pertemuan Jokowi-Prabowo.

Pegawai Setneg sibuk mempersiapkan pertemuan tersebut dengan memakai kemeja putih dan celana hitam bertanda pengenal Setneg.

Sebelumnya, kabar pertemuan Jokowi-Prabowo dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Semoga hari ini menjadi hari yg dikenang buat proses demokrasi yg semakin dewasa..," tulis Pram, seperti dikutip Liputan6.com, Jakarta, Sabtu.

6 of 7

Makan Sate

Jokowi-Prabowo makan siang di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Jokowi-Prabowo makan siang di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Dua calon presiden dalam Pilpres 2019, Jokowi-Prabowo makan siang di pusat perbelanjaan FX Sudirman, Jakarta. Keduanya duduk bersebelahan di satu meja.

Pada makan siang hari ini, Sabtu (13/7/2019), Jokowi-Prabowo menyantap sate. Keduanya juga minum kelapa muda.

Saat makan siang keduanya sesekali berbincang.

Namun, usai makan, Prabowo meninggalkan terlebih lokasi tersebut. Sementara Jokowi masih berada di restoran Sate Khas Senayan dan berbincang dengan sejumlah pejabat.

7 of 7

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by