Sukses

Jalur Puncak hingga Sentul Diprediksi Bakal Macet Akhir Pekan Ini

Sat Lantas Polres Bogor mengimbau masyarakat menunda perjalanan ke Puncak maupun Cianjur jika dirasa tidak mendesak.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Bogor memprediksi lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat akan padat pada hari Sabtu dan Minggu ini. Hal tersebut disebabkan karena libur sekolah belum usai. Sebab itu, Sat Lantas Polres Bogor mengimbau masyarakat menunda perjalanan ke Puncak maupun Cianjur jika dirasa tidak mendesak.

"Jika tidak benar-benar urgent sebaiknya ditunda, ganti ke minggu selanjutnya atau dapat mengakses beberapa jalur alternatif," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri, Jumat (12/7/2019).

Apalagi saat ini di beberapa ruas Tol Jagorawi sedang ada perbaikan, baik yang mengarah Puncak maupun Jakarta. Selain itu, di Sentul Internasitional Convention Centre (SICC) pada minggu besok akan ada kegiatan dengan jumlah massa yang banyak. Dengan begitu, potensi kemacetan akan semakin tinggi pada akhir pekan ini.

"Jadi pada saat ada acara itu, pengendara untuk menghindari exit Tol Sentul Selatan, tapi gunakan pintu tol lain. Ini untuk menghindari penumpukan kendaraan di sana," imbau Fadli.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi akhir pekan ini, Polres Bogor dibantu personel dari Polda Jabar akan menerjunkan kekuatan maksimal.

"Akhir pekan ini pengamanan dan pengaturan lalu lintas dimulai Sentul hingga Puncak Pass," ujar Fadli.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akhir Pekan Lalu

Akhir pekan lalu, Sabtu pagi 6 Juli 2019, antrean kendaraan dari arah Jakarta sempat mengular sepanjang 10 kilometer lebih, mulai dari Tol Jagorawi KM 37 hingga Simpang Gadog KM 48.

Meski pada pukul 08.00 WIB sudah diberlakukan one way mengarah Puncak, hingga siang hari masih terjadi antrean kendaraan di Gerbang Tol Ciawi atau KM 44. Penumpukan kendaraan juga masih berlangsung selepas exit Tol Ciawi hingga tanjakan Selarong.

Setelah kemacetan sempat terurai, jalur menuju Puncak Bogor dan Cianjur kembali mengalami kemacetan sepanjang 20 kilometer pada Sabtu malam. Kemacetan disebabkan imbas penutupan sebagian ruas jalan di Tol Cikampek.

Penumpukan kendaraan terjadi di sepanjang jalan menuju kawasan Puncak. Kemacetan terpantau selepas gerbang Tol Ciawi hingga Puncak Pass atau perbatasan Bogor-Cianjur.

Sementara dari arah sebaliknya terjadi antrean kendaraan sepanjang 10 km di exit Tol Ciawi. Kemacetan di pintu keluar tol atau mengarah Jakarta imbas arus balik masyarakat yang pulang liburan. Pada Minggu 7 Juli 2019 pun terjadi kepadatan lalu lintas, meski tak separah hari sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.