Sukses

Melongok Kemegahan Masjid Baiturrahman Aceh Usai Tsunami 15 Tahun Lalu

Penampilan Masjid Baiturrahman di Aceh sudah berbeda dengan saat setelah tempat ibadah itu terdampak Tsunami 15 tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Jumat bagi warga Aceh bukan seperti hari-hari biasanya. Pada hari di mana umat Islam menjalankan ibadah salat Jumat itu, aktivitas sebagaimana dijalankan pada hari-hari biasa diliburkan.

Tak terkecuali bagi jual beli. Menjelang salat Jumat, toko-toko di Aceh terlihat tutup. Termasuk kantor-kantor pemerintahan.

Di pusat kota berdiri sebuah masjid yang menjadi ikon Kota Banda Aceh, yakni Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini menjadi monumental pasca Tsunami Aceh 2004 silam. Kala bangunan di sekitarnya rata dengan tanah, masjid ini justru tegak berdiri. Kontras dengan lingkungan di sekitarnya.

Siang itu matahari tepat berada di atas ubun-ubun, adzan pun berkumandang menandai waktu salat Jumat telah masuk. Para kaum lelaki Banda Aceh terlihat berbondong-bondong mendatangi masjid kebanggaan warga Aceh itu.

Masjid yang selesai dibangun pada 1881 itu kini sudah banyak dipugar. Penampilannya sudah berbeda dengan saat setelah masjid itu terdampak Tsunami 15 tahun yang lalu.

Saat Liputan6.com, Jumat (12/7/2019) berkunjung, nampak sejumlah payung raksasa berdiri di depan pelataran Masjid Baiturahman dengan diameter sekitar 12 meter. Berdiri pula satu menara dengan ketinggian kurang lebih 84 meter yang menambah kesan megah masjid tersebut.

Meskipun begitu, ciri khas dari Masjid Baiturahman tidak dihilangkan. Arsitektur masjid masih sama dengan sebelum terkena Tsunami. Lengkap pula lima kubah warna hitam yang nampak dari depan masjid.

Meskipun suasana terik, tidak terlalu terasa panas berkata beberapa payung raksasa yang terpasang. Sebagian jamaah menjalankan ibadah salat Jumat di bawah payung tersebut, dan sebagain lainnya berada di dalam masjid. Siang itu jama'ah nampak ramai.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Wisata

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Baiturahman juga menjadi tempat wisata bagi warga Aceh dan daerah-daerah di sekitarnya.

Menjelang sore hari, tempat ini tidak nampak sepi. Anak-anak, remaja maupun para orang tua masih terlihat berlalu-lalang atau sekedar duduk-duduk di pelataran masjid. Sesekali mereka berswafoto sendiri maupun bersama-sama keluarganya.

Dengan lantai dari marmer warna putih, menjadikan pelataran Masjid Baiturahman sebagai tempat yang sejuk untuk sekadar duduk-duduk ataupun berjalan-jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.