Sukses

Cak Imin Berpeluang Kembali Jadi Ketum PKB Secara Aklamasi

Lukman belum tahu apakah bakal ada calon ketua umum lain yang bakal menyaingi Cak Imin.

Liputan6.com, Jakarta - PKB akan menggelar Muktamar di Bali, 20 Agustus 2019. Agenda Muktamar tersebut untuk konsolidasi partai dan mengukuhkan ketua umum periode selanjutnya.

Ketua DPP PKB Lukman Edy menjelaskan, mekanisme pemilihan ketua umum adalah voting pemilik suara. Totalnya ada 560 suara dari pimpinan cabang dan 34 pimpinan provinsi.

PKB membuka peluang terjadinya aklamasi apabila hanya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang maju sebagai calon ketua umum.

"Kalau hanya Muhaimin Iskandar calonnya, maka akan dinyatakan aklamasi," ujar Lukman di Batik Kuring, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Lukman belum tahu apakah bakal ada calon ketua umum lain yang bakal menyaingi Cak Imin. Sebab, hal itu baru diketahui saat muktamar digelar.

"Kader kan banyak, apakah kader yang banyak ini mencalonkan sebagai ketum, itu kita tak tahu," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susun Visi PKB

Lukman menjelaskan, agenda Muktamar tersebut turut menyusun visi lima tahun PKB untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Serta, menyusun visi partai lima tahun ke depan. Dengan harapan PKB dapat mencalonkan kadernya sebagai capres pada 2024.

Menurut Lukman, rekrutmen pengurus pusat PKB itu juga persiapan sebagai calon pemimpin masa depan.

"Itu apa, bisa berisi ketum, berisi pengurus ketua DPP lainnya, sekjen dan lain sebagainya yang disiapkan PKB menjadi kader PKB yang baru untuk dipersiapkan untuk pemimpin Indonesia," jelasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.