Sukses

HUT ke-73 Bhayangkara, Jokowi Beri 5 Pesan ke Polri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Bhayangkara di halaman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (10/6/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Bhayangkara di halaman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (10/6/2019). Dia hadir didampingi Ibu Negara, Iriana. Serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Jusuf Kalla.

Mobil Jokowi disambut dan diiringi pasukan perempuan berkuda. Dia pun diantar hingga pintu VIP. Dalam sambutannya Jokowi mengapresiasi kinerja polisi mulai dari mengungkapkan berbagai kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, terorisme, hingga kejahatan terhadap kekayaan negara.

Jokowi juga berikan beberapa instruksi kepada Polri agar terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Pertama terus tingkatkan sumber daya manusia Polri," kata Jokowi saat memberikan sambutan dihadapan para peserta upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di halaman Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/6/2019).

Dia juga meminta pihak kepolisian agar mengedepankan strategi pemolisian proaktif. Serta melakukan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

"Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan," lanjut Jokowi.

Lalu, dia meminta agar tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

"Tingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekerjasama dengan TNI

Kemudian, Jokowi juga meminta kepada Polri untuk bisa bekerja sama dengan TNI, hingga kementerian/lembaga serta pemerintah daerah dan masyarakat.

"Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri," ungkap Jokowi.

Diketahui dalam acara tersebut dihadiri juga Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamza Haz, serta jajaran menteri kabinet kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.