PPP Tak Akan Usulkan Lagi Lukman Hakim Jadi Menteri Jokowi

Oleh Lizsa Egeham pada 10 Jul 2019, 08:35 WIB
Diperbarui 10 Jul 2019, 08:35 WIB
Bahas Kuota Haji, Menteri Lukman RDP dengan  Komisi VIII DPR
Perbesar
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/4). RDP tersebut membahas penambahan jumlah kuota haji tahun 1440 H/ 2019 M. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Bogor - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan partainya tak akan mengusulkan lagi nama Lukman Hakim Saifuddin menjadi menteri dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Adapun Lukman kini menjabat sebagai Menteri Agama.

"Kami ini cenderung menganut prinsip gantian gitu ya. Jadi ini setuju semua kalau soal prinsip," ujar Sekjen PPP Arsul Sani usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa 9 Juli 2019.

Dia menyebut, pengurus PPP yang bertemu Jokowi bisa saja diajukan oleh Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa menjadi calon menteri di kabinet Jokowi selanjutnya. Sementara Lukman, kata dia, akan diberikan tugas lain oleh partai.

"Tapi sebagai partai kader, kami juga harus berikan kesempatan kader lain untuk bisa duduki jabatan-jabatan di pemerintahan," ucap anggota Komisi III DPR itu.

Arsul mengaku hingga kini partainya belum memutuskan siapa yang akan disodorkan kepada Jokowi untuk menjabat menteri. Menurut dia, Jokowi pun heran mengapa partainya belum juga menyetorkan nama menteri untuk kabinet periode selanjutnya.

"Pak Jokowi malah secara terbuka mempersilahkan, kesannya agak menantang PPP kenapa kok belum mengajukan jumlah nama portofolio di kabinet, kok kalah sama PKB dan Nasdem," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Menteri Sejak Era SBY

"Kami malah dipersilahkan kalau mau meminta berapa gitu dipersilahkan atau untuk menyampaikannya juga kepada publik" sambung Arsul.

Lukman Hakim telah menjabat menjadi Menteri Agama sejak era Presiden Susilo Banbang Yudhoyono atau Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Lukman kembali jadi Menteri Agaman di era Jokowi-Jusuf Kalla.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓