Temui Kapolri, TGPF Novel Baswedan Segera Rilis Hasil Temuan ke Publik

Oleh Ady AnugrahadiNanda Perdana Putra pada 09 Jul 2019, 20:41 WIB
Peringatan 500 Hari Penyerangan Novel Baswedan Digelar di KPK

Liputan6.com, Jakarta - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyerangan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menemui Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mabes Polri. Mereka melaporkan hasil akhir temuan pengungkapan kasus tersebut.

Anggota TGPF Novel Baswedan, Nur Kholis menyampaikan, tim sudah bekerja maksimal sesuai dengan batas waktu. Hasilnya, selama enam bulan laporan tersebut tertuang dalam 170 halaman dengan hampir 1.500 lampiran.

"Saya pastikan laporan sudah lengkap," tutur Nur Kholis di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019).

Nur Kholis membeberkan dalam penyusunannya, tim menggunakan pendekatan saintific investigation. Nantinya, Kapolri akan mempelajari temuan tersebut.

Secara teknis karena menggunakan pendekatan ini, dibantu oleh rekan-rekan Mabes Polri dan Polda Metro. Laporan sudah disampaikan ke Kapolri dan beliau akan pelajari dalam waktu singkat," jelas dia.

Dia mengatakan, masih ada sedikit perbaikan mencakup typografi penulisan dan tumpang tindih data lantaran banyaknya halaman arsip tersebut. Selebihnya soal isi, keseluruhannya dipastikan lengkap.

"Karena diskusi hari ini kami menghargai masukan Pak Kapolri. Layaknya sebuah laporan, harus ada perbaikan sana sini. Nanti setelah dipelajari Pak Kapolri, akan kami sampaikan," Nur Kholis menandaskan.

 

2 of 3

Hasil Disampaikan ke Publik Pekan Depan

Kasus Teror Air Keras, Penyidik Polri Periksa Novel Baswedan
Penyidik senior KPK Novel Baswedan memberikan keterangan usai diperiksa oleh Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) dan Polisi di Gedung KPK, Kamis (20/6/2019). Novel diperiksa terkait kasus penyiraman air keras hingga mata kirinya buta diharapkan bisa menemukan titik terang. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Usai menghadap Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hasil akan disampaikan ke publik pekan depan.

"Progres kami akan sampaikan pada minggu depan," tutur Nur Kholis.

Menurut Nur Kholis, pihaknya memang butuh waktu sebelum menyampaikan hasil temuan investigasi selama 6 bulan itu. Khususnya dengan menunggu Kapolri mempelajari hasil temuan tersebut.

"Laporan sudah disampaikan ke Kapolri dan beliau akan pelajari dalam waktu singkat," ucap Nur Kholis.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓