Menhan Singgung Pertemanan dengan Rizieq Shihab di Forum Rekat Anak Bangsa

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 09 Jul 2019, 18:21 WIB
Menhan Silaturahmi dan Halalbihalal Bersama Presidium Alumni 212

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menggelar silaturahmi dengan Forum Rekat Anak Bangsa (PA 212) di kantornya, Jakarta. Hadir di antaranya, Ketua Forum Betawi Rempug (FBR) Luthfi Hakim, Habib Umar Al Hamid, Presidium 212 Aminudin, dan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean.

"Terima kasih kepada teman-teman semuanya yang datang ke sini untuk bersilaturahmi," ucap Ryamizard di kantornya, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dia pun menyinggung pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Menurut Menhan, Rizieq yang kini berada di Arab Saudi itu adalah temannya.

"Itu Habib Rizieq Shihab teman saya. Kasih nomor telepon saya, dia tahu. Saya di jalan Balikpapan, dia di Petamburan," kata Ryamizard.

Mengenai kepulangan Rizieq Shihab yang dijadikan syarat untuk rekonsiliasi dari kubu Prabowo, menurut Menhan, itu hal berbeda. Menurutnya itu bagian politik.

"Itu kan masalah politik, saya enggak ikut-ikutan. Harus ada negosiasi dan macam-macam," pungkas Menhan.

 

2 of 3

Syarat Kepulangan Rizieq Shihab

20161123-Rizieq-Shihab-Usai-Penuhi-Panggilan-Bareskrim-Jakarta-FF
Pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab memberi keterangan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta, Rabu (23/11). Rizieq diperiksa sebagai saksi ahli dalam kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan pemulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab merupakan syarat yang diajukan Prabowo Subianto untuk rekonsiliasi dengan Jokowi. Selain itu, Prabowo ingin para tokoh yang ditahan polisi segera dibebaskan.

"Ya keseluruhan bukan hanya itu (pemulangan Rizieq Shihab). Tapi keseluruhan bukan hanya itu tapi keseluruhan. kemaren-kemaren kan banyak ditahan-tahain ratusan orang," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dia menjelaskan, saat rekonsiliasi tidak boleh lagi ada dendam apapun. Rekonsiliasi juga harus mampu menghilangkan perbedaan di masyarakat.

"Atau rekonsiliasi tidak mungkin terjadi kalau kemudian suasana dan pikiran itu juga terjadi. Suasana itu harus diredakan, harus dikendurkan sehingga islah itu menjadi sesuatu yang kuat," ujar Muzani.

Dia tidak ingin rekonsiliasi hanya menjadi pencitraan. Tetapi menghasilkan suatu hal yang penting bagi masyarakat.

"Sehingga itu yang kita sampaikan pada kawan-kawan bahwa rekonsliasi, islah, penyatuan, itu akan terjadi sebagai sesuatu yang genuine. Dan kita sampaikan itu, semuanya. ya tidak boleh ada proses kriminalisasi, dan seterusnya," ucap Muzani tentang Rizieq Shihab.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓