Sukses

Sultan Hamengkubawana X Resmi Membuka Acara LKS SMK Nasional

Ada 759 peserta SMK dari seluruh Indonesia yang siap mengikuti 32 bidang lomba sesuai kompetensinya.

Liputan6.com, Jakarta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2019 dibuka dengan meriah. Acara LKS di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu resmi dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengkubawana X, Senin (8/7).

Dalam sambutannya, Hamengkubuwana X mengatakan bahwa para peserta LKS SMK Nasional 2019 ini merupakan para siswa terpilih yang memiliki kompetensi terbaik.

"Mereka disaring dari bawah bersaing dengan ribuan orang lainnya, terpilih, dan didik oleh tim khusus. Prestasi mereka adalah proses panjang dan berat," jelas Sultan Hamengkubawana X.

Selain itu, Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Bakrun juga mengatakan bahwa LKS SMK ini merupakan ajang kompetensi siswa tertinggi tingkat nasional. Dalam proses penyelenggaraan acara ini pun tak lepas dari bantuan sejumlah pihak.

"Dalam LKS SMK ini melibatkan peran serta dari seluruh SMK di Yogyakarta, mulai dari peralatan dan perlengkapan lainnya. Kami juga mengucapkan terima kasih atas peran serta dunia usaha dan industri, sponsor, dan peserta workshop dan lainnya," ujar Bakrun dalam sambutannya.

Untuk diketahui, acara ini dibuka dengan parade kontingen alias perkenalan peserta SMK dari seluruh Indonesia. Juga ada sejumlah penampilan seni dari para siswa SMK di Yogyakarta.

Mereka menghibur para tamu undangan dengan kemampuan yang dimiliki. Salah satu yang menarik adalah penampilan dari salah satu SMK berprestasi, SMK Negeri 2 Kasihan atau dikenal sebelumnya dengan Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta.

 

Dari awal sampai akhir acara, mereka menyanyikan sejumlah lagu. Misalnya ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza atau tiga bait. Mereka berhasil membawa para peserta dan tamu undangan larut dalam suara emas mereka.

Belum lagi lagu Mars SMK berjudul 'SMK Bisa' yang cukup memberi semangat. Menariknya, lagu yang dinyanyikan tersebut ternyata merupakan karangan dari Muhammad Bintang Alfarizi. Dia adalah alumnus SMK 2 Kasihan. Dia juga juara pertama tingkat nasional pada 2016 dalam ajang lomba cipta lagu.

Ada juga Tari Sultan Agung dan Tari Sang Mataram yang dibawakan oleh siswa SMK. Acara ini semakin meriah dengan penampilan dari Brisia Jodie. Dia membawakan lagu Tanah Airku, Side to Side, dan single terbaru yang berjudul Kisahku.

Sekadar informasi, kegiatan LKS SMK Nasional 2019 ini diselenggarakan pada 7-13 Juli di sejumlah titik di Yogyakarta, seperti di Fakultas Teknik UMY, Jogya Expo Center (JEC), SMK Negeri 6, dan Ballrom Grand Dafam Rohan. Ada 759 peserta SMK dari seluruh Indonesia yang mengikuti 32 bidang lomba sesuai kompetensi masing-masing. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.