Sukses

Top 3 News: Saat Morfin Tak Mempan Menahan Rasa Sakit Sutopo

Top 3 News, Sutopo Purwo Nugroho yang divonis kanker paru stadium empat mengembuskan napas terakhirnya pada usia 49 tahun, Minggu, 7 Juli, pukul 01.20 WIB di Guangzhou, China.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengembuskan napas terakhirnya pada usia 49 tahun, Minggu, 7 Juli 2019 pukul 01.20 WIB di Guangzhou, China. Sutopo meninggal setelah menjalani perawatan akibat kanker stadium 4 yang diderita.

Setelah kepergiannya, duka mendalam masih dirasakan keluarga. Banyak masyarakat yang kehilangan akan sosoknya yang dikenal sangat berdedikasi pada pekerjaan.

Sutopo Purwo Nugroho juga dikenal aktif bermedia sosial. Meski tengah terbaring di rumah sakit, dia tak hanya membagikan informasi terkait kebencanaan di Tanah Air.

Sutopo juga menceritakan bagaimana penyakit kanker yang dideritanya terasa sangat menyakitkan, sampai-sampai morfin yang diberikan tak sanggup redakan sakitnya yang sudah menjalar ke sebagian organ vital. 

Ada sebuah tweet terakhir yang diunggah Sutopo Purwo Nugroho sebelum akhirnya tutup usia. Lewat @Sutopo_PN, dia masih memposting terkait dengan bencana di Indonesia. Foto itu berbicara tentang data hotspot di sejumlah wilayah di Nusantara.

Sementara itu, gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang Ternate, Provinsi Maluku Utara Minggu (7/7/2019). Lindu terjadi pada pukul 22.08 WIB dan berpotensi tsunami. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 7 Juli 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cerita Sutopo Sebelum Wafat, Sakit Luar Biasa hingga Morfin Tak Mempan

Sutopo Purwo Nugroho wafat saat menjalani pengobatan kanker paru yang dideritanya sejak awal 2018. Ia meninggalkan Tanah Air untuk menjalani pengobatan kanker paru-paru stadium lanjut di Guangzhou, pada 15 Juni 2019.

Saat pertama kali mengetahui penyakitnya, Sutopo mengaku kaget karena dirinya bukan perokok dan telah menjaga pola makan sehat.

Dalam beberapa unggahan foto di akun media sosial Instagram miliknya, Sutopo juga sering menceritakan bahwa penyakit kanker yang dideritanya terasa sangat menyakitkan.

"Sakit kanker yang sudah metastase ke tulang itu sakitnya luar biasa. Nyeri terus menerus dan di banyak sendi. Diberi morfin tidak mempan menahan sakit," tulis Sutopo pada unggahan foto di Instagram miliknya pada 9 Juni 2019.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Tweet Terakhir Sutopo BNPB Sebelum Wafat di China

Sutopo Purwo Nugroho wafat setelah menderita kanker paru-paru yang didiagnosis sejak Desember 2017. Dia terbang ke China untuk menjalani pengobatan kanker yang dirasakannya kian mengganas. Meski demikian, Sutopo tak lelah untuk terus memberikan informasi tentang bencana alam di Indonesia melalui akun twitternya.

Dalam tweet terakhirnya, 15 Juni 2019, Sutopo memposting sebuah gambar tanpa keterangan. Hal ini di luar kebiasaan pria yang telah mendapatkan berbagai penghargaan tersebut. Dalam setiap postingan gambar, ia selalu memberikan keterangan terkait foto tersebut.

Namun begitu, jika dilihat secara seksama, gambar yang diposting Sutopo tersebut masih terkait dengan bencana di Indonesia. Foto itu berbicara tentang data hotspot di sejumlah wilayah Indonesia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Ternate Maluku Utara, Berpotensi Tsunami

Gempa bumi mengguncang Ternate, Provinsi Maluku Utara malam ini, Minggu (7/7/2019). Lindu berkekuatan magnitudo 7,1 terjadi pada pukul 22.08 WIB.

Awalnya, dalam keterangan resminya, BMKG menyebut  gempa tidak berpotensi tsunami. Keterangan itu lalu diupdate bahwa ada potensi tsunami.

Dalam keterangan berikutnnya, BMKG menginformasikan bahwa ada peringatan dini tsunami.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.