Gempa Magnitudo 7,1 di Ternate Dirasakan hingga ke Gorontalo

Oleh Arfandi Ibrahim pada 07 Jul 2019, 22:48 WIB
Diperbarui 09 Jul 2019, 22:13 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Gorontalo - Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, Minggu (07/7/2019) sektar pukul 23.08 wita dirasakan hingga ke Gorontalo. Guncangan yang terasa cukup keras kembali membuat panik warga Kota Gorontalo dan sekitarnya yang kala itu tengah tidur pulas.

Seperti yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa gempa berada pada 0.50 Lintang Utara (LU) dan 126,17 Bujur Timur (BT). Tepatnya 136 kilometer Barat daya, Ternate, Maluku Utara.

Pusat gempa diperkirakan berada pada kedalaman 10 Kilometer (km) di bawah laut yang diprediksi berprestasi tsunami.

Meski pusat gempa berada di wilayah Maluku Utara, namun getaran cukup keras dan dapat dirasakan warga Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Bone.

Gempa yang berdurasi kurang lebih 30 detik itu sempat mebuat kaget warga  Kota Gorontalo yang kala itu tengah istirahat dan sebagian warga yang masih beraktivitas dibuat paik dengan Gempa tersebut.

"Saya kala sedang berada di tempat kerja, namun tiba-tiba suara gemuruh dari atap gedung menggetkan saya, tiba-tiba saya kaget dan panik dan langsung lari keluar gedung karena getaran terasa cukup kuat," kata Thio salah satu karyawan mini market Liputan6.com.

Sedangkan menurut informasi dari BMKG  daerah yang berpotensi terdampak yakni Kota bitung (Sulut) Siaga, Kota Halmahera, Ternate, Tidore, Minahasa bagian Selatan, Minahasa Utara bagian Selatan, Minahasa Selatan bagian Selatan, Bolaangmongondow Bagian Selatan harus waspada.

Live Streaming

Powered by