Sukses

Ikut 5 Kegiatan di LKS Nasional 2019, Dijamin Bermanfaat Buat Pelajar SMK

Kegiatan tersebut digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 9-11 Juli 2019 dan terbuka untuk umum.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional. Bukan hanya lomba kompetensi saja, tapi juga ada kegiatan pendukung yang dijamin bakal bermanfaat untuk pelajar SMK, termasuk guru dan pembimbing.

Kegiatan tersebut digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 7-13 Juli itu, akan menampilkan lima kegiatan pendukung menarik yang digelar. Nah lima kegiatan ini mulai dibuka pada 9-11 Juli 2019 dan terbuka untuk umum.

1. Workshop Industri

Digelar dengan tujuan untuk mengenalkan pada generasi muda Indonesia agar siap berdaya saing menghadapi era ekonomi digital. Workshop ini mengenalkan pasar digital ke kepala dan guru SMK, dalam rangka menjalankan Revolusi Industri 4,0. Setiap harinya akan ada enam sesi workshop dengan tema berbeda.

2. Job Matching

Kasubdit Perserta Didik Direktorat PSMK Nur Widyani yang juga Ketua LKS Nasional 2019 menjelaskan, Job Matching menjadi wadah bertemunya para pencari kerja tamatan SMK dengan dunia usaha dan industri.

"Total ada 60 industri yang siap berbagai informasi dengan para pencari kerja ini. Jadi modelnya seperti interview kerja, ada yang langsung isi form, ada juga yang langsung ditest dengan pelaku industrinya," jelas Nur.

3. Gerakan Literasi Sekolah

Dalam pelaksanaan Lomba LKS Nasional ini, disediakan pojok literasi. Ini merupakan tempat untuk menambah wawasan karena ada sejumlah buku bacaan. Wahana ini sekaligus menghadirkan bagaimana cara pembuatan pojok baca, culinary literacy, dan memamerkan buku karya siswa SMK dan lainnya.

4. Pameran

Kegiatan ini menampilkan pameran Produk Inovatif Karya Siswa SMK dari 34 Provinsi, Pameran Produk Unggulan DIY, dan pameran industri.

5. Fashion Show

Tema yang diangkat dalam fashion show ini adalah Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia. Busana muslim yang ditampilkan tentunya merupakan karya pelajar SMK. Nah untuk fashion show ini, ada tiga pembagian waktu setiap harinya, yaitu pukul 10.00-11.00, 13.00-14.00, dan 15.00-16.00.

Bagaimana, kalian berminat? Jika ingin lebih tahu tentang lima kegiatan ini, bisa langsung mendaftarkan diri (khusus untuk workshop) klik di sini. Untuk kegiatan lainnya, Anda bisa datang langsung ke di Aula Arjuna A, Grha Pradipta Lantai 2, Jogja Expo Center (JEC). Gratis!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini