Sukses

Keluarga dan BNPB Bersiap Sambut Jenazah Sutopo di Bandara Soetta

Kepulangan jenazah dari bandara ke rumah duka akan didampingi oleh Kepala BNPB dan istri almarhum Sutopo

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pejabat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Luar Negeri tengah bersiap menyambut kedatangan jenazah Sutopo Purwo Nugroho yang dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (7/7/2019).

Protokoler Kepala BNPB Ramli Karim mengatakan, setibanya di Bandara Soetta, jenazah akan diterima oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama sejumlah pejabat eselon I.

Doni datang di Terminal Kargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta, sekira pukul 19.30 WIB. Dia tampak mengenakan stelan jas hitam, kemeja putih, lengkap dengan peci hitam.

Kasubag Humas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Ipda Riyanto mengatakan, tidak ada penjagaan khusus jelang kedatangan jenazah Sutopo.

"Tidak ada penjagaan khusus, biasa saja. Tetapi penjagaan memang kita lakukan baik di Terminal 3 maupun di Terminal Kargo," ucap Riyanto.

Usai upacara penyambutan, jenazah dibawa menggunakan mobil kargo ke ruang kargo jenazah untuk dibuka peti pelindungnya.

Setelah itu jenazah kemudian akan dibawa ke rumah duka di Depok, Jawa Barat dengan menggunakan mobil jenazah. Kepulangan jenazah dari bandara ke rumah duka akan didampingi oleh Kepala BNPB dan istri almarhum. 

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal pada Minggu 7 Juli 2019 sekitar pukul 02.00 di Guangzhou, China saat menjalani pengobatan kanker di RS Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Boyolali

Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu (7/7/2019) sore akan dipulangkan dari Guangzhou, China ke Tanah Air. Sutopo akan dimakamkan di tanah kelahirannya, Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita S saat dihubungi dari Jakarta mengatakan, jenazah Sutopo akan dibawa dari China menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan selanjutnya akan dibawa ke Boyolali.

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI di Guangzhou mengatakan tengah mengupayakan pemulangan jenazah Sutopo Purwo Nugroho secepatnya.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu pukul 02.20 waktu Guangzhou, saat menjalani perawatan untuk mengobati penyakit kankernya di Guangzhou St Stamford Modern Cancer Hospital.

Ia berpulang meninggalkan istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.