Ijazah Bamsoet Dipertanyakan Usai Kampus IMNI Tutup, Ini Kata Menristekdikti

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 07 Jul 2019, 11:26 WIB
Paparan Menteri Kabinet Kerja di Tiga Tahun Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Institute Management Newport Indonesia (IMNI) yang berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen IMNI kini di laman Kemenristekdikti berstatus tutup. Kampus tersebut merupakan tempat Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat meraih gelar Master of Business Administration (MBA).

Keabsahan ijazah pria yang karib disapa Bamsoet itu pun dipertanyakan banyak pihak. Menristekdikti M Nasir angkat bicara soal ini.

Dia membenarkan jika kampus tersebut telah ditutup. Namun, dirinya masih belum tahu kapan ditutupnya.

"Betul (telah tutup). Saya akan cek pada hari kerja nanti," kata Nasir kepada Liputan6.com, Minggu (7/7/2019).

Untuk urusan ijazah, dia menegaskan jika kelulusannya sebelum Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka tetap sah. Karena tidak berlaku surut.

"Jadi, jika kampusnya sudah ditutup kemudian ada yang meragukan ijazah yang sudah dikeluarkan, saya tegaskan itu tidak benar. Jika ijazah itu keluar sebelum UU itu diberlakukan maka kelulusannya tetap sah. Karena UU itu tidak berlaku surut," jelas Nasir.

 

2 of 3

Kata Bamsoet

Sebelumnya, Bamsoet mengatakan, kampus IMNI masih ada di Kalibata. Kata dia, proses belajar mengajar normal. Ikatan alumni pun ada. Selain itu, politisi Golkar itu mengatakan berkuliah di sana sekitar tahun 1986-1987. Saat itu dia menyambi sebagai wartawan di Harian Prioritas.

"Kampus masih ada di bilangan Kalibata dan mahasiswa ada, kami belajar sebagaimana sebuah proses belajar mengajar kami punya ikatan Alumni kami persilakan alumni untuk mengambil langkah hukum," kata Bamsoet.

Dia mempersilakan teman-teman alumni IMNI untuk mempolisikan pihak yang menuding kampus tersebut palsu.

"Kami bangga menjadi alumni IMNI dan kami terhina. Ini justru akan kita bawa ke hukum karena justru itu legal," jelas Bamsoet.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓