Bamsoet: Sudah Enggak Zaman Pakai Gaya Otoriter

Oleh Fachrur Rozie pada 06 Jul 2019, 20:08 WIB
Ketua DPR Minta Ramadan Jadi Momen Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Koordinator Bidang Pratama II Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyebut dukungan yang diberikan kepada dirinya untuk menjadi Ketua Umum Golkar lantaran kader partai berlambang beringin ingin perubahan.

"Mereka ingin kepemimpinan partai Golkar ditingkat pusat lebih progresif, lebih taat asas, lebih mengedepankan musyawarah mufakat. Karena sejatinya DPP itu pembina, dia harus melakukan pembinaan dan pengayoman bagi pengurus-pengurus di bawahnya," ujar Bamsoet di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Bamsoet mengatakan, jika terjadi permasalahan di dalam sebuah kepengurusan, DPP harus bisa mengayomi DPD tingkat I, tingkat II, hingga ke tingkat desa. Menurut Bamsoet, sistem demokrasi harus terus ditegakan.

"Harus lebih demokratis, karena ini bukan jamannya lagi gaya-gaya otoriter, jadi harus lebih demokratis, mendengarkan suara dari bawah," kata Bamsoet.

Lebih lanjut, terkait dengan dukungan yang dia terima, Bamsoet menyebut dirinya diminta oleh pengurus Golkar di daerah agar turun dan melihat langsung kondisi kepengurusan Golkar di daerah.

"Ya mereka menyampaikan kepengurusan ke depan harus lebih memberi perhatian ke daerah-daerah, maka butuh dikunjungi, butuh disapa," kata Bamsoet

2 of 3

Mengapa Bamsoet Layak Jadi Ketum Golkar

Gaya Bambang Soesatyo Saat Pidato Pertama Sebagai Ketua DPR
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat memberikan pidato pertama usai dilantik menjadi ketua DPR RI di DPR RI, Jakarta, Senin (15/1). Bamsoet, sapaannya, dilantik dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penilaian kepada Bamsoet untuk menjadi Ketua Umum Golkar sebelumnya diungkap oleh peneliti Formappi, Lucius Karus. Menurutnya Bamsoet layak untuk maju sebagai calon Ketua Umum Golkar saat musyawarah nasional (Munas) Golkar tahun 2019.

"Saya kira lebih banyak internal Golkar. Kalau soal layak atau tidak layak, saya kira dia sebagai kader Golkar ya layak-layak saja. Cuma kan kita tidak tahu mekanisme internal Golkar seperti apa sekarang ini," kata Lucius saat dihubungi wartawan, Jumat 5 Juli 2019.

Lucius mengatakan Bamsoet layak maju sebagai calon Ketua Umum Golkar berkat konsistensinya menjadi Ketua DPR RI, karena cukup bagus dalam mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan di parlemen.

"Saya kira sih cukup konsisten dia dalam mengkoordinasi pekerjaan-pekerjaan DPR, ada upaya untuk kemudian mengejar target-target legislasi," ujarnya.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓